Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penjualan Pestisida Pada CV XYZ

  • Fransiska Prihatini Sihotang

Abstract

CV Pilar Anugerah Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor pestisida dan keperluan pertanian. Saat ini CV Pilar Anugerah Sentosa memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Dalam menjalankan proses bisnisnya, CV Pilar Anugerah Sentosa memiliki beberapa permasalahan seperti kesulitan dalam melakukan pencatatan utang dan piutang, sulit mengetahui laporan barang terlaris, menentukan pelanggan paling loyal, dan pemberitahuan terkait penagihan piutang kepada sales. Untuk Mengatasi berbagai permasalahan tersebut dibangunlah sistem informasi manajemen penjualan dengan menggunakan metodologi RUP yang terdiri dari fase inception, elaboration, construction, dan transision. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan framework codeigniter serta menggunakan MySQL sebagai basis data. Hasil dari pengembangan aplikasi ini yaitu mempermudah CV Pilar Anugerah Sentosa dalam pencatatan utang dan piutang, pemberitahuan penagihan piutang kepada sales, mengetahui barang terlaris, dan mengetahui pelanggan yang paling loyal.

References

[1] Sutabri, Tata, 2014, Pengantar Teknologi Informasi, Ed.1 , Andi Offset, Yogyakarta.

[2] Simamora, Henry, 2000, Akuntansi basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

[3] Chesilia, Shyita, Della Oktaviany, Dewi, 2015, Sistem Informasi Manajemen Penjualan dan Persediaan Barang Berbasis Web pada CV Matrik Jaya Palembang. Diakses 13/07/2019, dari eprint.mdp.ac.id.

[4] Lubis, G., A., Firmansyah, Ricoida, I., D., Pradesan. I., 2015, Sistem informasi manajemen penjualan pada PT. Glory Sriwijaya Palembang, Palembang. Diakses 14/07/2019, dari eprint.mdp.ac.id.

[5] Fanny, Debby Hilda, Sherlin Mayangsari, Daniel Udjulawa, Fransiska Prihatini Sihotang, 2015, Sistem informasi manajemen pada CV. Harvest Cahaya Makmur Palembang. Diakses 15/07/2019, dari eprint.mdp.ac.id.

[6] Napian, A., M., Permatasari, A., H., 2016, Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pada PT Brikasa, Jurnal Sistem dan Informatika, Palembang. Diakses 16/07/2019, dari eprint.mdp.ac.id.

[7] Dwi, M., Iman A., K., 2015, Sistem Informasi Manajemen Dan Penjualan pada UNDIP Distro, Jurnal Sistem dan informatika, Semarang. Diakses 15/07/2019, dari jtsiskom.undip.ac.id

[8] A S Rosa dan Shalahuddin, M. 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

[9] Whitten dan Bentley, 2007, System Analysis and design method, McGraw-Hill Education, University of California.

[10] Nugroho, Bunafit. 2014, Dasar Pemograman Web PHP – MySQL, Informatika, Bandung.
Published
2019-09-18

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>