Implementasi Metode Weighted Product (WP) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan

  • Fransiska Prihatini Sihotang

Abstract

PT SJP adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor semen. Perusahaan ini memiliki permasalahan yang terjadi pada saat proses pemberian bonus karyawan yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama proses perhitungan karena jumlah karyawan yang cukup banyak dan perhitungan masih dilakukan secara manual. Hasil perhitungan juga tidak transparan dan ada kriteria yang terkadang tidak diperhitungkan perusahaan. Untuk itu dibuat sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu perusahaan dalam proses perhitungan bonus karyawan berdasarkan kriteria yang diinginkan perusahan dan menentukan nominal bonus karyawan berdasarkan perhitungan dengan metode Weighted Product (WP). Sistem ini dikembangkan dengan metodologi iteratif, dibangun berbasis website menggunakan Visual Studio Code dengan bahasa pemrograman PHP, serta MySQL sebagai DBMSnya. Sistem pendukung keputusan pemberian bonus karyawan ini dapat mengatasi masalah penentuan bonus karyawan dan mempercepat proses perhitungan bonus karyawan di PT SJP.

References

[1] Pratiwi, Heny., 2016, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan, DeePublish, Yogyakarta.

[2] Henry, Simamora., 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.

[3] Hasibuan, Malayu SP., 2014, Manajemen SDM, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

[4] Muslihudin, Muhamad, dan Dewi Rahayu. 2018, Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product, Jurnal TAM, Vol. 9, No. 2, hal 114 – 119.

[5] Sambani, Egi Badar, Yoga Handoko Agustin, dan Rina Marlina, 2016, Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Karyawan Plaza Asia dengan Menggunakan Metode Weighted Product, Jurnal CSRID Journal, Vol. 8, No. 2, hal 121 – 130.

[6] Kusumawardani, Danik., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Rumah Layak Huni dengan Menggunakan Metode Weighting Product (WP), Fasilkom Udinus, Semarang.

[7] Manurung, Nuriadi., 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan menggunakan Metode AHP, Jurnal Teknologi Infromasi, Vol.1 No. 1, hal 468 – 53.

[8] Nugraha, Fajar, Bayu Surarso, dan Beta Noranita, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Pemilihan Pemenang Pengadaan Aset dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Jurnal Sistem Infromasi Bisnis 02, hal 67 – 72.

[9] Sambani, Egi Badar, dan Fajar Nugraha, 2018, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Status Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode SMART, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, hal 116 – 123.

[10] Agustin, Yoga Handoko, dan Hendra Kurniawan, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighting Product, MTI STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

[11] Riyanto, E.A, dan Tuti Haryanti, 2017, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Pooling Terbaik pada PT. BCA Tbk. dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting, Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol 13 No. 1, hal 128 – 135.

[12] Sihotang, Fransiska Prihatini, dan Ferent Michaela, 2021, Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Karyawan Dengan Simple Additive Weighting (SAW) Pada Dealer Mobil, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data, Palembang.

[13] Pratama, Angga., 2021, Perancangan dan Implementas Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Karyawan pada PT Buana Sentosa Nusantasa Menggunakan Metode SAW, Fakultas Sarjana Ilmu Komputer dan Rekayasa, Universitas Multi Data, Palembang.

[14] Kusumadewi, S., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2021-12-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>