PENERAPAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) UNTUK ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE DI KOTA PALEMBANG

  • Denesti Putri Universitas Multi Data Palembang
  • Fransiska Prihatini Sihotang
Keywords: PLN Mobile, End User Computing Satisfaction(EUCS), SPSS

Abstract

Abstrak: Di masa Pandemi COVID-19 yang mewabah sejak awal tahun 2020 hingga saat ini berdampak pada aktivitas manusia, sehingga membuat masyarakat mengurangi mobilitasnya untuk beraktivitas di luar rumah. Sehingga dengan adanya aplikasi PLN Mobile, masyarakat lebih mudah mengakses layanan tanpa perlu datang langsung ke kantor. PT. PLN (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penyediaan tenaga listrik yang tersedia sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengukur apakah pengguna aplikasi PLN Mobile puas menggunakan aplikasi tersebut. Model yang digunakan dalam menganalisis kepuasan pengguna adalah model End User Computing Satisfaction (EUCS).yang terdiri dari lima faktor yaitu: isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna aplikasi PLN Mobile menggunakan Google Form. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil kuisioner menggunakan software Excel dan SPSS.

References

[1] M. B. Suryawan and P. Prihandoko, “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 3, p. 233, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i3.113.
[2] D. Gunawan, M. Suyanto, and H. Henderi, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Secure System Of Payment (SSP) Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Respati, vol. XV, pp. 50–58, 2020, [Online]. Available: http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/331/0.
[3] Marlindawati and P. Indriani, “PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING DENGAN PENERAPAN MODEL END USING COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: Universitas Bina Darma dan STMIK MDP),” J. Ilm. MATRIK, vol. 18, no. 1, pp. 55–66, 2016.
[4] I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.
[5] Sukardi, “Pengaruh Time Budget Pressure, dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Auditor,” Metod. Penelit. Ilm., vol. 84, pp. 487–492, 2018, [Online]. Available: http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.
[6] B. A. B. Iii and M. Penelitian, “Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 54–69, 2019, [Online]. Available: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1558/.
Published
2022-01-28