ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS LAYANAN OPAC MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

  • Khofifah Incha Aggasy UIN SUSKA RIAU

Abstract

OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. Di Universitas Islam Riau sudah menerapkan OPAC sejak tahun 2010 untuk mempermudah pengunjung perpustakaan untuk mendapatkan informasi tentang bahan bacaan yang dicari di Perpustakaan dengan cepat dan mudah. Selama penerapannya ditemukan kendala yaitu sering terjadi gangguan, kurangnya fasilitas computer pada perpustakaan, ketidakkonsistenan data yang ada, dan tidak terdapat layanan pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kepuasan pengguna terhadap OPAC di Universitas Islam Riau berdasarkan variable E-Servqual yaitu variabel Efficiency, Reliability, Fulfillment, Privacy, Responsiveness, Compensation, dan Contact. Pengolahan data menggunakan bantuan tools SPSS. Responden penelitian ini adalah Mahasiswa aktif di Universitas Islam Riau dengan penentuan pengambilan sampel menggunakan teknik Simpel Random Sampling dan rumus slovin, jumlah responden yaitu 100 mahasiswa. Hasil penelitian dilihat dari nilai T-statistik menunjukkan bahwa didapatkan 3 Hipotesis yang diterima dan 4 Hipotesis yang ditolak, yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan dari penerapan OPAC di Universitas Islam Riau yaitu pada Efficiency yang mana penerapan OPAC tidak efisien dalam pencarian bahan bacaan karena banyaknya bahan bacaan yang tidak ditemukan, Responsiveness yang mana OPAC sering memberikan informasi yang tidak sesuai dengan apa yang dicari, pada variable Compensation yang mana menunjukkan pihak perpustakaan tidak responsive terhadap pengunjung perpustakaan, serta variable Contact yang mana OPAC tidak menyediakan layanan pengaduan jika terjadi kendala atau masalah.

References

[1] Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44-49.

[2] Baber, H. (2019). E-SERVQUAL and Its Impact on the Performance of Islamic Banks in Malaysia from the Customer's Perspective. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 6(1), 169-175.

[3] Rahayu, K. S. (2021). E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

[4] KUSUMAWATI, A., AUGUSTINAH, F., ALHABSYI, T., & SUHARYONO, S. (2021). The e-servqual effect on the stickiness intention of marketplace during COVID-19 pandemic: An empirical study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(8), 573-581.

[5] Safi’i, I. (2018). Klasifikasi Atribut Pelayanan Mobile Banking dengan Kano Model Berdasarkan Dimensi E-Servqual. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 2(2), 77-84.
[6] Rahayu, A. P., Santoso, H. B., & Rahayuningsih, S. (2019). Analisa Kepuasan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan E-Servqual. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 2(1), 55-63.

[7] Bahtar, A. Z., Muthusamy, G., Yazid, Z. A., & Daud, S. (2022, September). The E-Servqual Effect on Mobile Stickiness Intention of E-Commerce Marketplace. In Proceedings (Vol. 82, No. 1, p. 34). MDPI.

[8] Suwondo, A., Sarana, S., & Marjan, F. I. (2017, November). Analisis Pengaruh E-Kepuasan Pelanggan Terhadap E-Loyalitas Pelanggan KAI Access Berdasarkan E-Servqual Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV Semarang. In Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif) (Vol. 3, No. 1, pp. EB338-EB360).

[9] Megawati, M., & Rubayati, S. (2020). Analisis kualitas layanan e-commerce hni. id terhadap kepuasan pengguna menggunakan e-servqual. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 205-212.

[10] Rahmawita, M. T. (2021). Analisis Kualitas Layanan Portal Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual Pada FKIP Universitas Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 7(2), 145-151.
Published
2023-03-15