PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FAKTOR EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SITI FATIMAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

  • Salsabila Salsabila Universitas Multi Data Palembang
  • Ratna Juwita Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Faktor Emosional.

Abstract

Tujuan Penelitian ini : (1) Untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan secara parsial. (2) Untuk mengetahui apakah Faktor Emosional berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan secara parsial. (3) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan faktor emosional berpengaruh terhadap kepuasaan pasien pada rawat jalan rumah sakit umum daerah siti fatimah provinsi sumatera selatan secara simultan. Penelitian ini menggunakan software SPSS23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji parsial (uji-t) variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel faktor emosional (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan konsumen. Uji simultan (uji-f) membuktikan bahwa variabel independt yaitu variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel faktor emosional (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen yang berupa kepuasan konsumen (Y).

 

Published
2023-11-15