PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN MAJO PAJO PALEMBANG

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN MAJO PAJO PALEMBANG

  • Adelia Anggraini Universitas Multi Data Palembang
  • Megawati Megawati Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Abstract:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan kualitas produk dan kualitas pelayananterhadap kepuasan konsumen di Restoran Majo Pajo Palembang. Sampel penelitian ini berjumlah 370 pelanggan yang sudah berkunjung di Restoran Majo Pajo Palembang. Hasil penelitian ini adalah untuk uji parsial, nilai thitung   Kualitas Produk adalah 16.201dengan signifikan 0.00 dan nilai thitung Kualitas Pelayanan adalah 2.220 dengan signifikan 0,023  Untuk uji simultan, nilai Fhitung adalah >Ftabel 501.532dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square adalah 0,732, artinya variabel kualitas produk dan kualitas pelayananmampu menjelaskan atau mempengaruhi variabel kepuasan konsumen  sebesar 73.2% . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan kualitas pelayanansecara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Restoran Majo Pajo Palembang.

 

Abstract:This study aims to analyze the partial and simultaneous influence of product quality and service qualityon customer satisfaction at Majo Pajo Restaurant Palembang. The sample of this research is 370 customer who have visited the Majo Pajo Palembang Restaurant. The results of this study are for a partial test, the tcount value of Product Quality is 16.201 with a significant 0.00, the tcount value of Service Quality is 2.220 with a significant 0.000. For the simultaneous test, the Fcount value is >Ftable 501.532 with a significance of 0.000 <0.05. The Adjusted R Square value is 0.732, meaning that the product quality, service quality, emotional and price variables are able to explain or influence the consumer satisfaction variable by 73.2%. The conclusion in this study is product quality and service quality, partially and simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction at Majo Pajo Restaurant Palembang.

Published
2023-04-10