Pengaruh Narsisme CEO, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)

  • Mega Shinthia UMDP
  • Anton Arisman
Keywords: Manajemen Laba, Narsisme CEO, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Narsisme CEO, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap manajemen laba. Pada penelitian ini manajemen laba yang diukur menggunakan rumus model Jones modifikasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah sebanyak 45 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan perbankan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa narsisme CEO, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Published
2023-04-03