Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoindance) Melalui Ukuran Perusahaan Sebagai Variable Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017 - 2021

  • Adilah Rahmadian Universitas Putra Indonesia
  • Ronni Andri Wijaya
Keywords: profitabilitas, ikuiditas, good corporate governance, penghindaran pajak, ukuran perusahaan

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Good CORPORATE Governance Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoindance). Melalui Ukuran Perusahaan Sebagai Variable Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2021. Penelitian ini terdiri dari 5 variabel Indenpenden yaitu Profitabilitas, Likuiditas, dan Good Corporate Governance Terhadap Penghindaran Pajak dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Metode pengumpulan data mengunakan tabulasi data dengan sampel sebanyak 95 sampel.

Metode yang digunakan adalah Metode Kuantitatif. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut sejalan dengan penelitian yang dilakukan Dari hasil penelitian Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Good Corporate Governance melalui ukuran perusahaan dengan variable moderasi pada perusahaan manufaktur sebagai berikut :1.Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2021.2. Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance (NP) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021.3. Good corporate governance berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 -2021.4. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak dengan ukuran perusahaan sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021.5. Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak dengan n Ukuran Perusahaan sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 6. Good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance dengan ukuran perusahaan sebagai moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2021.

Published
2023-04-03