Pengelolaan Perusahaan Keluarga: Siklus dan Kepemimpinan Perusahaan Keluarga pada AZZ Bakery di Kabupaten Banyuasin

  • Defi Widya Universitas Multi Data Palembang
  • Jenny Jenny Universitas Multi Data Palembang
  • Elshaday Louis Vargas Kainde Universitas Multi Data Palembang
  • Yulizar Kasih Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Perusahaan Keluarga, Siklus Usaha, Kepemimpinan

Abstract

Pemahaman terhadap pengelolaan usaha keluarga sangat penting untuk menjamin pengembangan dan keberlanjutan usaha di masa datang. Mengetahui siklus hidup usaha keluarga dapat memberikan ruang pengawasan yang efektif bagi pemilik dan atau pengelola, serta anggota keluarga untuk melakukan tindakan yang tepat terhadap permasalahan yang dihadapi pada setiap siklus yang dijalani. Kepemimpinan dalam usaha keluarga sangat penting dan menentukan kemana arah perusahaan akan dibawa di masa depan. Kepemimpinan keluarga secara kolektif dibawah satu komando akan menentukan pengelolaan usaha keluarga yang efektif dan efisien, sehingga keberlanjutan usaha dapat dicapai.

References

Afandi, R. F. & Hartono, W. 2018, Preferensi Gaya Kepemimpinan Dalam Perusahaan Keluarga Mahkota Elektronik, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 3, Agustus 2018.

Al farisi et al., 2022, Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah Vol 9, No.1, 2022, hlm. 73.

Martini, L.K.B, 2018, Suksesi Perusahaan Keluarga, Penerbit CV. Setia Bakti, Denpasar Timur.

Gustika et al., 2022, UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa, Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (SN-EMBA) Ke-1 Fakultas Ekonomi Universitas Dehasen.

Resmi, G. G., et al. 2018, Bisnis Milik Keluarga - Buku Ajar, FEB Universitas Bina Darma, Palembang.

Susanto, A.B, 2005, World Class Family Business, Quantum Bisnis & Manajemen, Jakarta.
Published
2024-01-15
How to Cite
Widya, D., Jenny, J., Kainde, E. L., & Kasih, Y. (2024, January 15). Pengelolaan Perusahaan Keluarga: Siklus dan Kepemimpinan Perusahaan Keluarga pada AZZ Bakery di Kabupaten Banyuasin. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 70-74. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/padimas.v3i2.6980
Section
Articles