Pelatihan Manajemen Strategi dan Organisasi Bisnis pada UMKM Makanan Khas Bengkulu “Kue Bay Tat Rieka II” di Kota Bengkulu

  • Muhammad Jeffri Arlinandes Chandra Universitas Terbuka
  • Mimi Kurnia Nengsih Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irayani Irayani Universitas Tridinanti Palembang
Keywords: Manajemen Strategi, Organisasi Bisnis, UMKM

Abstract

Kegiatan pelatihan manajemen strategi dan organisasi bisnis pada UMKM makanan khas Bengkulu ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pengembangan usaha yang di sebabkan belum adanya perencanaan strategi dan pengorganisasian yang baik. Berdasarkan situasi tersebut, maka upaya meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM terkait manajemen stratgei dan organisasi bisnis menjadi hal yang penting untuk dilakukan, agar pelaku UMKM dan masyarakat menjalankan usahanya secara optimal dan dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Hasil diskusi dan pembahasan dalam pelatihan yang meliputi 3 aspek yaitu pengorganisasian, manajerial dan manajemen strategi terlihat bahwa perlunya pengetahuan dan wawasan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan UMKM seharusnya dan strategi-strategi apa yang harus direncanakan guna meningkatkan dan mempertahankan usaha agar tetap eksis dalam berbagai kondisi

References

[1] T. Wijaya and A. Wijaya, “Knowledge sharing manajemen dan organisasi bisnis pada UMKM jajanan pasar nyayu chodijah,” vol. 2, no. 14, pp. 83–87, 2023.

[2] R. Rozikan, “Pendampingan Peningkatan Kualitas Produk Umkm Peyek Melalui Izin Pirt,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 1725–1732, 2022, doi: 10.18196/ppm.44.755.

[3] S. Widodo, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ),” Kaji. Ekon. Dan Kebijak. Publik, vol. 4, no. 1, pp. 84–90, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jepa/article/view/546.


[4] M. Junaidi, “UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat,” kementrian keuangan RI, 2023. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasionalmeningkat.html#:~:text=Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia,data semester I tahun 2021).

[5] et. a. Oktavia, “Strategi pengembangan usaha mikro kecil menengah di Kota Bengkulu (studi pada dinas koperasi dan UMKM Kota Bengkulu),” 2019.

[6] A. M. H. Putri, “Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi ‘Tameng’ Resesi?,” CNBC Indonesia, 2023.

[7] J. S. Gabriela, “Bank Indonesia Ungkap 4 Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia,” economi bisnis.com, 2023. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230829/9/1689447/bank-indonesia-ungkap-4-masalah-dan-tantangan-umkm-indonesia#:~:text=UMKM masih menghadapi tantangan seperti,kesiapan digital%2C dan akses pemasaran.

[8] A. Eka, K. Ningrum, A. Indah Juita, F. Yolanda, N. Hersa, and L. H. Suriyanti, “Analisis Manajemen Strategi bagi UMKM di Pekanbaru Agar Dapat Bertahan di Masa Pandemi Covid 19,” J. Pendidik. Tambusai, vol. Volume 5 N, no. 34, pp. 2888–2895, 2021.
Published
2024-01-15
How to Cite
Chandra, M. J., Nengsih, M., & Irayani, I. (2024, January 15). Pelatihan Manajemen Strategi dan Organisasi Bisnis pada UMKM Makanan Khas Bengkulu “Kue Bay Tat Rieka II” di Kota Bengkulu. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 57-61. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/padimas.v3i2.6372
Section
Articles