Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

  • Rastra Wahyu Puspita Universitas Multi Data Palembang
  • Icha Fajriana Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

The aim of this research is to examine and analyze the relationship between service quality and public satisfaction in the issuance of police record certificates (SKCK). This research uses an associative quantitative approach. This research uses two types of data sources, namely primary data sources and secondary data sources. This research surveyed 96 respondents by distributing questionnaires directly to the community who made SKCK at the South Sumatra Police SPKT Office. The sampling technique used was purposive sampling. Research data was analyzed using multiple linear regression analysis. The research results show that service quality has a significant effect on public satisfaction in issuing police record certificates (SKCK).

References

[1]Anggraini, R., Hernimawati, & Marlinda, P. (2021). Polsek lima puluh kota pekanbaru the improving quality of service in efforts to handle community complains at the lima puluh polsek pekanbaru city Dalam era globalisasi dengan kondisi persaingan yang cukup ketat dan Kecamatan Limapuluh dengan Polsek Limap. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 19(1), 49–56.
[2]Budiasa, I. W. M. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Mas Di Ubud, Gianyar. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(2), 1–15. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
[3]Karyawan, T. K. (2022). IE Ja W ng id an ya P Wi la w. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pt Kereta Api Indonesia (Pt Kai) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kereta Api Kelas Eksekutif Taksaka, 55, 1–95.
[4]Kerry Bagus Riandra, E. Y. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Melalui Perceived Value Pada Pembuatan Skck Online Di Polresta Sidoarjo. 3, 216–232.
[5]Nafitaningrum, A., & Astuti, R. S. (2019). Inovasi Layanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Skck) Di Wilayah Hukum Polrestabes Kota Semarang. 53(9), 1689–1699.
[6]Peraturan.bpk.go.id. (2020). Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. https://peraturan.bpk.go.id/Details/156770/pp-no-76-tahun-2020
[7]Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
[8]Syahril, R. R., Mualim, B., & Arsan, A. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Bagian Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa, 3(4), 22–35.
[9]Utara, M. (2020). Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Dan Dampak Terhadap Masyarakat Di Kepolisian Resort Minahasa Utara. Jurnal Eksekutif, 2(5), 1–11.
[10]Wijono, H., & Wibowo, A. H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pengurusan (SKCK) Surat Keterangan Catatan Kepolisian di Satuan Intelkam Polres Situbondo. Jurnal Acton, 13(2), 67–84.
Published
2024-04-30