Analisis Kepuasan Pengguna Pelayanan Aplikasi BRImo pada Bank BRI KCP Sudirman

  • Ogie Junanda Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Aminullah Imal Alfresi Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Abstract

The rapid development of technology has significantly impacted the banking sector, particularly in Indonesia. Bank Rakyat Indonesia (BRI), a government-owned bank, offers digital banking services through the BRImo application. This study employs the End User Computing Satisfaction (EUCS) method to assess user satisfaction with BRImo at BRI KCP Sudirman. The analysis results using SPSS version 25 indicate a high level of satisfaction across content, accuracy, format, ease of use, and timeliness variables. This positive evaluation suggests that BRImo meets user expectations, provides a satisfying experience, and is considered adequate in delivering information and services. These findings serve as a foundation for BRI to enhance the quality of information technology services and further improve customer satisfaction.

References

[1] P. R. Damayanti dan G. S. Palupi, “Penerapan Metode E-Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk Analisis Kualitas Layanan Transfer Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi BRImo,” Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, vol. 4, no. 3, hlm. 115–125, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://cekgangguan.id/layanan/m-banking-
[2] I. S. Permana, R. C. Halim, S. Nenti, dan R. N. Zein, “Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Pada PT. Bank BNI (Persero), TBK,” Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan, vol. 3, no. 3, hlm. 132–139, 2022, doi: 10.52005/aktiva.v3i3.102.
[3] OJK, “Apakah yang dimaksud dengan Internet Banking dan Mobile Banking,” Https://Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id/, hlm. 1–2, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Download/417
[4] Y. A. Dwinurpitasari, “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BRI SYARIAH KCP PONOROGO,” IAIN Ponorogo, 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://etheses.iainponorogo.ac.id/7321/
[5] D. NURAINI, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BRIMO DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” 2023. [Daring]. Tersedia pada: www.aging-us.com
[6] A. Rizal, “ANALISIS PENGARUH e-SERVICE QUALITY, e-SATISFACTIONS DAN eTRUST TERHADAP e-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA MOBILE BANKING BRImo,” 2021.
[7] I. Kurniasih dan D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, hlm. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.
[8] H. Setiawan dan D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, hlm. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
[9] N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Journal of Applied Informatics and Computing, vol. 4, no. 1, hlm. 17–21, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.
[10] A. Yudistira dan D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, hlm. 176–188, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i2.3059.
Published
2024-04-30