Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi (Studi Pada Freyo Strike Kota Malang)

  • Tria Risnanda Purwasih Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Ahmad Nizar Yogatama Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Facebook, media promosi, ukm

Abstract

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang berada di bawah naungan META. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Facebook sebagai media promosi UKM alat pancing di Kecamatan Karangploso. Penelitian ini memiliki pendekatan melalui pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif. Peneliti menentukan objek penelitian dengan menggunakan metode simple random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah sampling snowball dimana partisipan utama akan memiliki cabang yang saling berhubungan. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik Analisa data berupa Teknik tringulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat diidentifiksikan bahwa penggunaan facebook kurang maksimal karena hanya digunakan sebagai promosi saja tanpa terjadi transaksi secara online pembeli hanya dapat membelinya dngan datang ke toko.

References

[1] W. S. Sari, C. A. Sari, D. R. I. M. Setiadi, A. Susanto, and E. H. Rachmawanto, “Internet Marketing dan Sosial Networking Untuk Media Promosi Produk Kuliner UMKM ‘Djokowi,’” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2022, doi: 10.33633/ja.v5i1.265.
[2] Y. G. A. Pradipta, “Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi Umkm Harmoni Di Desa Kembangan Baki Sukoharjo,” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
[3] G. D. Pires, J. Stanton, and P. Rita, “The internet, consumer empowerment and marketing strategies,” Eur. J. Mark., vol. 40, no. 9/10, pp. 936–949, Sep. 2006, doi: 10.1108/03090560610680943.
[4] M. Bartschat, G. Cziehso, and T. Hennig-Thurau, “Searching for word of mouth in the digital age: Determinants of consumers’ uses of face-to-face information, internet opinion sites, and social media,” J. Bus. Res., vol. 141, pp. 393–409, Mar. 2022, doi: 10.1016/j.jbusres.2021.11.035.
[5] S. D. H. Permana and M. Cendana, “Pemanfaatan Sosial Media sebagai Strategi Promosi bagi Sustainability Bisnis UMKM,” ETHOS J. Penelit. Dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 163–169, 2019.
[6] A. Arizal, R. A. Sukmana, Y. Ulfah, S. Shaddiq, and M. Zainul, “Strategi Pemanfaatan Facebook Marketplace dalam Manajemen Periklanan,” Syntax Idea, vol. 3, no. 6, pp. 1278–1289, 2021.
[7] W. Akbar, R. Kurniawan, J. Tarantang, and R. Cornelia, “Assistance And Utilization Of The Marketplace In The Facebook Application As A Mean Of Buying By Traders In Palangka Raya City,” J. Penyul. Dan Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 1–7, 2022.
[8] W. O. N. Indriani, “Pengaruh Advertising & Sales Promotion Melalui Facebook Ads Terhadap Volume Penjualan,” COMSERVA J. Penelit. Dan Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 4, pp. 975–987, 2022.
[9] R. Handayani, “Self-disclousure remaja di akun facebook di Kota Malang,” PhD Thesis, Universitas Negeri Malang, 2012.
[10] A. Ruhban, “Kontrol diri dan intensitas penggunaan facebook pada remaja,” Cognicia, vol. 1, no. 2, 2013.
[11] D. Maylina and A. S. Mulazid, “Analisis pengaruh service quality, customer relationship management dan keunggulan produk tabungan terhadap loyalitas nasabah pada Bank BRI Syariah,” Islam. J. Pemikir. Islam, vol. 19, no. 1, pp. 89–106, 2018.
[12] A. Ahmad and F. Wahyudi, “Perubahan Kebudayaan Masyarakat Indonesia Dengan Menggunakan Internet Dan Dampaknya Pada Psikologi Sosial,” WIKSA Pros. Pendidik. Sej. UNINDRA, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, May 2022, Accessed: Feb. 11, 2023. [Online]. Available: https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/wiksa/article/view/5883
[13] N. Aini, I. Aulia, and Zulfahmi, “Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv:,” J. Sosiol. Agama Indones. JSAI, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2022, doi: 10.22373/jsai.v3i1.1687.
[14] A. Adrian, “Kesiapan sumber daya manusia indonesia dalam era industri 4.0,” J. Manaj. Dan Bisnis Jayakarta, vol. 1, no. 1, pp. 33–38, 2019.
[15] R. A. Puspitaningdyah, “Analisis korelasi statistik antara populasi jumlah penduduk dan pengguna internet negara-negara di dunia,” J. Ekon., vol. 318, pp. 41–48, 2012.
[16] G. F. Khan, Social Media for Government: A Practical Guide to Understanding, Implementing, and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. Springer, 2017.
[17] J. Hutahaean, H. Harmayani, D. Apdilah, S. Rahayu, and E. S. Siregar, Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia Sosial. Yayasan Kita Menulis, 2022.
[18] S. A. S. C.NNLP S. E. ,. M. Si ,. CSEM ,. CETP et al., Digital Marketing Strategy: Online Marketing Approach. Media Sains Indonesia, 2022.
[19] A. R. Banjarnahor et al., Social Media Marketing dan Bisnis Modern. Yayasan Kita Menulis, 2022.
[20] F. Chef, “Clone Worthy Script Features to Create P2P Handmade and Unique Goods Marketplace, Fatbit Techologies,” Fatbit Technologies, 2020. [Online]. Available: https://www.fatbit.com/fab/clone-worthy-script-features-create-unique-p2phandmade-goods-marketplace/
[21] A. S. M. Romli, Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia, 2018.
[22] J. Heaton, Content Marketing In A Week: Engage Your Audience With Compelling Content In Seven Simple Steps. Hachette UK, 2016.
[23] A. Musman, Copywriting: Melejitkan Jualan Online dengan Kalimat yang Membujuk. Anak Hebat Indonesia, 2021.
[24] W. Ariyadi, Jurus Jitu Menguasai Copywriting: Strategi Sukses Membangun Bisnis dan Meningkatkan Pemasaran. Anak Hebat Indonesia, 2020.
[25] S. M.M S. E. et al., Service Marketing: Pendekatan Teori dan Praktik. Media Sains Indonesia, 2022.
[26] M. V. Yogantari and I. G. B. B. B. Ariesta, “Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar,” J. Nawala Vis., vol. 3, no. 1, pp. 8–16, 2021.
[27] A. A. Tarigan, “Peran Copywriting Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Terhadap Produk West Burger,” PhD Thesis, 2021.
[28] P. Rahmawati, “Pengaruh Konsep Aida Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Le Minerale (Studi Kasus Warga Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat),” PhD Thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta, 2022.
[29] A. P. Pasaribu, “Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery (Cod) Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Masyarakat Kota Medan,” 2022.
[30] Y. Y. Hayati, J. A. Kalangi, and A. Y. Punuindoong, “Pengaruh Promosi di Facebook Market Place terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Maybelline di She Kosmetik Pada Masyarakat Kelurahan Bahu Manado,” Productivity, vol. 3, no. 3, pp. 286–290, 2022.
[31] M. Mustofa, “Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner:(Studi Kasus Pada Akun Instagram@ Soloinfo),” Solidaritas, vol. 6, no. 1, 2022.
Published
2023-04-13