Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa, Harga, Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Wyndham Hotel Palembang

  • Widia Gunawan MDP
  • Idham Cholid Universitas Multi Data Palembang
Keywords: emosional, harga, pelayanan jasa, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk melihat pengaruh antara kualitas pelayanan jasa, harga, dan emosional terhadap kepuasan pelanggan pada Wyndham Opi Hotel di Palembang secara Parsial. (2) Untuk melihat pengaruh antara kualitas pelayanan jasa, harga, dan emosional terhadap kepuasan pelanggan pada Wyndham Opi Hotel di Palembang secara Simultan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu penyebaran kuisioner dengan skala interval, dengan jumlah 365 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji-t) variabel Kualitas Pelayanan Jasa (X1), Harga (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan,dan Emosional (X3) berpengaruh negative  terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan (uji-F) menunjukkan hasil bahwa variabel independen yang terdiri dari variabel Kualitas Pelayanan Jasa (X1), Harga (X2), dan Emosional (X3) berpengaruh terhadap variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Kepuasan Pelanggan (Y)  secara simultan.

References

[1] Aprianti, & Erlina, N, 2022, Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Alat Tulis Putra Kembar, MDP Student Conference, 254–260.
[2] Lestari, & Suryani, A. N, 2022, Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Mobile Shopee, MDP Student Conference, 120–126.
[3] Satriadi, W., Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah, 2021, Manajemen Pemasaran, Samudera Biru, Yogyakarta.
[4] Yowanti, F., Iskandar, & Syahruddin, 2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Fatma di Tangerang, JEMI, No.1, Vol. 15.
[5] M, C. I., & Poernomo, E, 2017, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Faktor Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel The Sun Sidoarjo. Jurnal Bisnis Indonesia, No.1, Vol. 8, 73–85.
[6] Indrasari, M, 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Unitomo Press, Surabaya.
[7] Indriastuty, N., Sudjinan, & Fitriyani, 2019, Kualitas Pelayanan Hotel LE Grandeur Balikpapan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik, No. 2, Vol. 10, 260–270.
[8] Gunawan, E., Sebastian, G. O., & Harianto, A, 2019, Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menginap Di Empat Virtual Hotel Operator di Surabaya, Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, No. 2, Vol 2, 145–153.
[9] Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
[10] Bahri, S, 2018, Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS (E. Ristanto, ed), Yogyakarta.
[11] Kusuma, Wahyu, Rizal, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas, dan Emosional Terhadap kepuasan Pelanggan, No.12, Vol.4
Published
2023-04-13