Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Transjakarta

  • Roma Frima Ully Sibarani Roma Sibarani Pemasaran
  • Megawati Megawati Universitas Multi Data Palembang
Keywords: harga, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan Harga sebagai variabelnya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang menggunakan transjakarta sebagai transportasi kesehariannya, dengan 120 sampel yang dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil analisis berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Transjakarta. Secara simultan menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan Transjakarta.

References

[1] Iqbal dan Agus Trilaksana, 2021. Perkembangan Transportasi Darat (BUS) di Probolinggo
Tahun 1933- 1956
[2] www.kompas tv.co.id
[3] www.cnnindonesia.com
[4] www.transjakarta.co.id
[5] Agung Kresnamurti, dkk, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab
[6] Siti, Imam, (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Gojek).
[7] Ivan, A.H., 2005, Desain target optimal, Laporan Penelitian Hibah Bersaing,Proyek Multitahun, Dikti, Jakarta. Suci Dian Permatasari, 2019. The Effect of Service Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Customer Satisfaction Users of Transportation Services Ojek Online
[8] Agung Kresnamurti, dkk, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab
[9] Riyadin, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus pada Desa Pekalongan)
[10] RR Sari, dkk, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Layanan Gojek Indonesia pada Kategori Go-food
[11] Freddy Rangkuti, 2021. Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
[12] RR Sari, dkk, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Layanan Gojek Indonesia pada Kategori Go-food
[13] Santoso, M., & Zamzam, F. (2019). Loyalitas nasabah pada bank perkreditan rakyat wilayah cirebon (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Published
2023-04-13