Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Aplikasi Kredivo Dikota Palembang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan aplikasi kredivo dikota Palembang secara parsial dan simultan. Faktor-faktor tersebut yaitu : kepercayaan (X1), dan Risiko (X2) terhadap minat penggunaan aplikasi kredivo. Metode pengumpulan data adalah kuesioner bagi pengguna aplikasi kredivo. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah responden 180 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji-t) variabel kepercayaan (X1),berpengaruh positif dan signifikansi terhadap niat penggunaan, sedangkan risiko (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat penggunaan. Berdasarkan hasil uji Simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kepercayaan (X1), dan risiko (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen dalam penelitian ini. yaitu minat penggunaan simultan (Y).
References
[2] Krediblog. (n.d.). Review Kredivo. krediblog.id. Retrieved from https://krediblog.id/kredivo/
[3] Tutik Siswanti.(2022.)Analisis PENGARUH MANFAAT EKONOMI, KEAMANAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) (Study Kasus pada Masyarakat di Wilayah Kecamatan Bekasi Timur). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 7(2), 89–105. https://doi.org/10.35968/jbau.v7i2.899
[4] Johan, S., Juwita, R., & Megawati, M. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Ambassador, Iklan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee Indonesia Pada Saat Pandemi (Studi Kasus Di Kota Palembang). Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 2(2), 174–182. https://doi.org/10.35957/prmm.v2i2.867 https://jurnal.mdp.ac.id
[5] Fandi, F., & Juwita, R. (2022). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Kepercayaan Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Netflix Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(2), 142–150. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i2.2316 https://jurnal.mdp.ac.id
[6] Fahmi, S. (2018) Pengaruh persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap niat konsumen dalam melakukan transaksi e-commerce, melalui sikap sebagai variabel intervening. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86–96.
[7] Rizki, M. J. (2019). Pasal-pasal Pidana yang Bisa Jerat Perusahaan Fintech Ilegal. https://www.hukumonline.com/berita/a/pasal-pasal-pidana-yang-bisa-jerat-perusahaan-fintech-ilegal-lt5c6cacf0c858c
[8] Nelwan, J. Z. C., Yasa, N. N. K., Sukaatmadja, I. P. G., & Ekawati, N. W. (2021). Layanan Internet Banking Dan Mobile Banking Di Bank KB Bukopin. Bandung: CV. Media Sains Indonesi
[9] Hendri Rahmayani Asri, Ekaning Setyarini, & Hantoro Arief Gisijanto. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer To Lending. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 01–09. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.99
[10]Rosiwan, G. M. A., & Lasmanah. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Pengguna terhadap Penggunaan Sistem Kredit Online Pada Aplikasi Kredivo di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.306