Pengaruh Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Bank CIMB Niaga

  • Shintia Wijaya Universitas Multi Data Palembang
  • Nyimas Artina Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kepercayaan, Kepuasan, Kualitas, Loyalitas, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Bank CIMB Niaga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan memakai rumus roscoe dimana, jumlah keseluruhan sebanyak 200 sampel yang difokuskan kepada responden yang pernah menggunakan layanan Bank CIMB Niaga di Kota Palembang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan untuk metode analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS Statistics 23 guna menganalisis data penelitian. Hasil uji t dan uji F menunjukkan  kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, dan kepercayaan ataupun  berpengaruh secara  terhadap loyalitas nasabah karena nilai signifikasinya sebesar 0,000 < 0,05, sehingga untuk terus membuat nasabah menjadi loyal, harus tetap mempertahankan kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, dan kepercayaan.

References

[1] V. B. Kusnandar, “Nilai Transaksi Kartu ATM dan Debit Tumbuh 11% pada 2021,” databoks.katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/24/nilai-transaksi-kartu-atm-dan-debit-tumbuh-11-pada-2021 (accessed Feb. 08, 2023).
[2] R. Pahlevi, “10 Bank Terbesar Versi Fortune Indonesia 100,” databoks.katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/10/10-bank-terbesar-versi-fortune-indonesia-100 (accessed Feb. 08, 2023).
[3] C. Niaga, “Sejarah Perusahaan,” CIMB Niaga. https://investor.cimbniaga.co.id/gcg/history.html (accessed Feb. 08, 2023).
[4] C. Niaga, “Laporan Tahunan 2020 PT Bank CIMB Niaga Tbk,” 2020. [Online]. Available: https://investor.cimbniaga.co.id/misc/AR/AR-2021/ID/220/
[5] Wulandari, Ririn dan Rusmahafi, Fikri 2020, Menbidik Nasabah Bank Syariah. Nas Media Pustaka CV. Nas Media Pustaka, Makassar.
[6] Rifa’i, Khamdan 2019, Membangun Loyalitas Pelanggan, Pustaka Ilmu Group, Yogyakarta.
[7] Damayanti, Lina 2019, Pengaruh Service Performance Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syariah Cabang Malang, Jurnal Manajemen Jaya Negara, Malang.
[8] Gunawan, Silvia 2022, Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website E-Learning Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Spada Dikti Program Kampus Merdeka), MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[9] Satriadi, Wanawir, Hendrayani, Eka, Siwiyanti, Leonita, dan Nursaidah 2021, Manajemen Pemasaran, Samudra Biru, Yogyakarta.
[10] Susanto, Puteri , dan Subagja, Iwan 2019, Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Pondok Gede Plaza, Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Unkris, Jakarta Timur.
[11] Lestari, dan Suryani, Ade 2022, Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Mobile Shopee, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[12] Hardani, Andriani, Helmina, Ustiawaty, Jumari, Utami, Evi, Istiqomah, Ria, Fardani, Roushandy, Sukmana, Dhika, dan Auliya, Nur 2020, Metode Penelitian Kualitatif & Kuanitatif, CV. Pustaka Ilmu Group, Yogyakarta.
[13] Sugiyono 2018, Metode Penelitian Evaluasi Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi, Alfabeta CV, Bandung.
[14] Hapsari, Indri, dan Murini 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Mandiri Kendari, Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), Kendari, Sulawesi Tenggara.
Published
2023-04-13