Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan French Bakery & Bistro Atmo

  • Meilisa Meilisa Universitas MDP
  • Nyimas Artina Universitas Multi Data Palembang
Keywords: harga, kepuasan konsumen, kualitas, loyalitas, produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan French Bakery & Bistro Atmo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan rumus slovin sehingga jumlah keseluruhan sampel sebanyak 272 sampel yang ditujukkan kepada responden yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian lebih dari 2 kali di French Bakery & Bistro. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS Statistics 25. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh.terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05. Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05. Dan Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05.Kualitas Produk, Harga, dan  Kepuasan Konsumen dalam uji simultan (uji F) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai siginifikasi 0,000 < 0,05.

References

[1] BPS-Statistics Indonesia 2022, Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kabupaten/Kota 2019-2021, https://sumsel.bps.go.id/indicator/16/295/1/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kabupaten-kota.html, diakses tgl 10 Januari 2023.
[2] Hidayati, Apriatiningrum dkk 2021, Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik,Cipta Media Nusantara, Surabaya.
[3] Daga Rosnaini 2018, Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan, Global-RCI, Gowa, Sulawesi Selatan.
[4] Lestari, Feby, Purwatmini, Nining 2021, Pengendalian Kualitas Produk Tekstil Menggunakan Metoda DMAIC, Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, Vol. 5No. 1, April 2021, Universitas Bina Insan
[5] Hanif 2022, Pengaruh Celebrity Endorserdan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian honda Vario150, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[6] Indrasari, Meithiana 2019, Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan, Unitomo Press, Surabaya, Jawa Timur.
[7] Sidi, Purnomo Agus 2022, Urgensi Selebriti Endorser, Harga dan Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[8] Supratman, Mandey, Roring 2022, Analisis Pengaruh Harga Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Cafe M Coffee Manado, Junal EMBA Vol. 10 No.3 Juli 2022, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.
[9] Sugiyono 2018, Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Komobinasi), Penerbit Alfabeta, Bandung.
[10] Rifa’i, Khamdan 2019, Membangun Loyalitas Pelanggan, Pustaka Ilmu Group Yogyakarta,Yogyakarta.
Published
2023-04-13