Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Oppo di Palembang

  • Steven Agustinus Universitas Multi Data Palembang
  • Nyimas Artina Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Harga, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Smartphone OPPO di Palembang secara parsial. (2) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Smartphone OPPO di Palembang secara parsial. (3) Untuk mengetahui apakah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Smartphone OPPO di Palembang secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode Roscoe dan dengan bantuan software SPSS23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji parsial (uji-t) variabel kualitas produk (X1) dan variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji simultan (uji-f) membuktikan bahwa variabel independen yaitu variabel kualitas produk (X1) dan variabel harga (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen yang berupa kepuasan konsumen (Y).

References

[1] Ahmad, Amar. (2017). Perkembangan Kemajuan Teknologi Dan Informasi. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol 13 No. 1. Jakarta
[2] Hardjono, & Wahyuni, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Handphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 17, 24 – 44. Situbondo
[3] Mendrofa, Kristiurman Jaya; Sabar, M. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Domain.id. Manajemen, 17(2), 1–18. Bekasi
[4] Diansyah. D. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo. Media Studi Ekonomi. Vol 19 No 2. Jakarta
[5] Fatmala. K. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Smartphone Samsung terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Pemasaran. Kalimantan
[6] Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. unitomo press. Jakarta
[7] Lestari, D., & Utomo, S. B. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Iphone 7 Plus. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 1–17. Bekasi
[8] Sidiq, A., & Kasidin, K. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone di Karesidenan Surakarta. Yogyakarta
[9] Nandi, Abdi, & Ilham Wardhana. (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Manajemen Jurnal Manajemen. 6(1). Makassar
[10] Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Undip. Semarang
[11] Wulandari, Putri (2022) Pengaruh Harga, Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa XYZ Di Palembang 2021-2022. Dari https://jurnal.mdp.ac.id/
[12] Chandra, Bella Angelica (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Brasserie Resto Di Kota Palembang 2021 – 2022. Dari https://jurnal.mdp.ac.id/
Published
2023-04-13