Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Toko Most baking Tools Palembang

  • olivia whisnu wanagiri Universitas MDP
  • Retno Budi Lestari Universitas Multi Data Palembang
  • Yulizar Kasih Universitas Multi Data Palembang
Keywords: gambar toko, produk, loyalitas, promosi penjualan, pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana loyalitas pelanggan pada sebagian besar toko baking tools di Palembang dipengaruhi oleh keragaman produk, harga, promosi penjualan, dan citra toko.
Tujuan lainnya adalah untuk menguji pengaruh simultan keragaman produk, harga, promosi penjualan, dan citra toko terhadap loyalitas pelanggan pada sebagian besar toko alat kue di Palembang. 175 orang menanggapi kuesioner yang dibagikan sebagai metode pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan software SPSS, metodologi pengambilan sampel menggabungkan metode purposive sampling dengan metode non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji simultan dan uji parsial (Uji T) (Uji F) Keanekaragaman Produk (X1), Harga (X2), Promosi Penjualan (X3).

References

[1] RK Hastuti, “Perkembangan Toko Bahan Kue di Masa Pandemi,”CNBCIndonesia.com, 2021.
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210419122259-37-238923/digitalisasi-jadi-Kunci-tokobahan-kue-ini-cuan-di-pandemi (diakses 02 September 2022).
[2] S.Sundari,Manajemen Ritel (Teori dan Strategi dalam Bisnis Ritel), Cetak I. Lamongan: Publikasi
Akademisi, 2021.
[3] K. Rifa'i, “Kepuasan Pelanggan; Membangun Loyalitas Pelanggan,” Hal. 55, 2019, [Online].
Tersedia: http://digilib.iain-jember.ac.id/693/1/Buku Membangun Loyalitas Pelanggan Oleh Dr.
KHAMDAN RIFA'I% 2C SE.% 2CM.Si.pdf
[4] Sahir, Dasar-dasar Pemasaran. Medan: Yayasan Menulis Kita, 2021.
[5] M. Ramadhani dan Nurhadi, “Pengaruh Brand Image, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan
Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merk Aqua”J.Ilm. Ekon. dan Universitas Bisnis. Multi
Data Palembang, Vol. 11, tidak. 2, hlm. 200–214, 2022, [Online]. Tersedia:
https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
[6] DM Indrasari,Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Pertama. Surabaya: Unitomo Press, 2019.
[7] Satriadi, Wanawir, E. Hendrayani, L. Siwiyanti, and Nursaidah,Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:
Penerbit Samudra Biru, 2021.
[8] Z. Rohmawati, "Kualitas, Harga dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan,"J.
Ris. Entrep., Vol. 1, tidak. 2, hal. 19, 2018, doi: 10.30587/jre.v1i2.418.
[9] NY Artia Rahmawati, Ella, Vicky F Sanjaya, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan
Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Ladyfame Bandar Lampung),”J. Manaj. Mandiri
Saburai, Vol. 5, tidak. 1, hlm. 1–6, 2021, doi: 10.24967/jmms.v5i1.1020.
[10] YRP Dinda Mutiara Ayuni1, "Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pelanggan,"J. Manaj. Bisnis Madani, Vol. 2, hlm. 18–34, 2020.
[11] L. Manurung dan T. Syarifah, “Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Citra Toko, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan pada UD. Terang Jaya Kisaran,” J. Management, Economist.
Science, vol.2, no.2, 2021.
[12] DFA Safitri, DE Lestari, dan MH Setyobakti, “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Pelanggan pada UD Venus Lumajang,”Prog. Konf., Vol. 1, Tidak. 1, hlm. 194–
205, 2018.
[13] A. Agustriyanto dan H. Widagdo, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Impulse Buying di
Lottemart Palembang,”Forum Bisnis Forbiswira dan…, Vol. 11, tidak. 2, hlm. 284–294, 2022,
[Online]. Tersedia:
https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2241%0Ahttps://jurnal.mdp.ac.id/index.php
/forbiswira/article/download/2241/ 691
Published
2023-04-13