Faktor-faktor yang Menentukan Loyalitas Pengguna Aplikasi Alfagift di Kota Palembang

  • Dian Maya Sari Universitas Multi Data Palembang
  • Retno Budi Lestari Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Citra Merek, Customer Experience, Customer Relationship Management, kepercayaan konsumen, loyalitas pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Customer Experience dan Customer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan aplikasi Alfagift di kota Palembang secara parsial dan simultan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner, dengan jumlah 150 responden. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilty sampling dengan metode purposive sampling serta menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji parsial (uji-T) variabel Citra Merek (X1), Kepercayaan Konsumen (X2), Customer Experience (X3) dan Customer Relationship Management (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Uji simultan (uji-F) membuktikan bahwa variabel Citra Merek (X1), Kepercayaan Konsumen (X2), Customer Experience (X3) dan Customer Relationship Management (X4) berpengaruh terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y).

References

[1] Hermanto, Faktor Pelayanan, Kepuasaan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing, 2019.
[2] CEICData, “Indonesia | Pertumbuhan Penjualan Ritel | 2011 – 2022 | Indikator Ekonomi | CEIC,” 2022. Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth
[3] M. Hakim and R. Juwita, “Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Petang Di Palembang,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 67–77, 2021, doi: 10.35957/prmm.v3i1.1617.
[4] F. Fandi and R. Juwita, “Pengaruh Motivasi, Persepsi, Kepercayaan Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Netflix Di Kota Palembang,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 142–150, 2022, doi: 10.35957/prmm.v3i2.2316.
[5] M. T. Wiyata, E. P. Putri, and C. Gunawan, “Pengaruh Customer Experience, Ease of Use, dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli Online Shopee di Kalangan Mahasiswa Kota Sukabumi,” Cakrawala, vol. 3, no. 1, pp. 11–21, 2020.
[6] I. N. H. Laksmana, I. E. T. Kusuma, and I. N. Landra, “Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction and Loyalty at Pt. Harmoni Permata Gianyar, Bali,” Int. J. Contemp. Res. Rev., vol. 9, no. 03, pp. 20610–20617, 2018, doi: 10.15520/ijcrr/2018/9/03/470.
[7] L. Margaretha, “PENGARUH CITRA MEREK , KEPUASAN PELANGGAN , MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOMARET KOTA PALEMBANG SKRIPSI Disusun Oleh : STIE MULTI DATA PALEMBANG PROGRAM STUDI MANAJEMEN,” 2020.
[8] Idelina, “Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kepercayaan terhadao Loyalitas Pelanggan Pada Minimarket Boymart di Kota Batam,” 2021.
[9] A. M. dan E. A. A. Lia Nirawati, Adistya Dwi Pratiwi, “Kepercayaan Konsumen ; Customer experience ; Dan Loyalitas Pelanggan,” J. Syntax Transform., vol. 1, no. 9, pp. 624–631, 2020.
[10] D. N. Pertiwi Siregar, W. Cahyani, and A. U. Chaniago, “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.53513/jis.v19i1.221.
Published
2023-04-13