Analisis Pengaruh Kenaikan Tarif PPN 11% di Sektor Perdagangan

  • natalia natalia Universitas Multi Data Palembang
  • Icha Fajriana Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kenaikan Tarif, PPN, Permintaan

Abstract

Pajak adalah biaya yang diwajibkan dan tidak mendapat imbalan secara langsung yang dibayarkan oleh rakyat kepada negara maupun pemerintah berdasarka UU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mengenai UU No 7 tahun 2021 mengenai adanya kenaikan tarif PPN 11% pada permintaan pasar PT. Nipsea Paint and Chemicals Palembang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena berdasarkan pengamatan atau observasi awal yang peneliti lakukan, ternyata masalah yang sedang dihadapi lebih sesuai untuk diteliti dengan metode kualitatif analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penyesuaian harga untuk produk – produk yang dijual dan dari penyesuaian harga ini tidak ada penurunan permintaan yang drastis dari pasar. Hal ini juga membuktikan dengan adanya kenaikan PPN menjadi 11% sendiri berdampak positif untuk pemerintah terutama untuk penambahan pemasukan APBN.

References

[1]Agustina, Lestari, “ANALISIS PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PAJAK,” Skripsi S1, 2017. http://repo.usni.ac.id/ (accessed Sept. 30, 2022)
[2] Amlika, Genia, “PENGARUH PENGETAHUAN PENGUSAHA KENA PAJAK DAN FISKUS PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada Kamtor pelayanan Pajak di Kota Bandung),” Skripsi S1, 2019. http://repository.unpas.ac.id. (accessed Sept. 15, 2022)
[3] CNBC Indonesia 2022, PPN Bakal Naik, Begini Dampaknya Untuk Produk Konsumer, https://www.cnbcindonesia.com. (accessed August. 23, 2022)
[4] Farina, Desy. et al, “Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Terhadap Daya Beli Konsumen Barang Elektronik Di Pasar Batusangkar,” 2021. http://jurnal.staisabili.net. (accessed August. 22, 2022)
[5] Kompas, Kenaikan Tarif PPN Mengundang Berbagai Pro Kontra Masyarakat, 2022. https://www.kompasiana.com. (accessed Sept. 5, 2022)
[6] Kontan, “Tarif PPN 11 Persen Menjamin Keadilan dan Stabilitas,” 2022. https://www.keuangan.kontan.co.id (accessed August. 23, 2022)
[7] Hanvansen, Hannes. et al, “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Palembang Dengan Sanksi Pajak Sebagai Intervening,” Jurnal, 2022. https://jurnal.mdp.ac.id (accessed Feb. 14, 2023)
[8] Larasati, Ragilia dan Danny Wibowo, “IMPLEMENTASI KENAIKAN TARIF PPN PASCA UU NO 7 TAHUN 2021 PADA PENGUSAHA KENA PAJAK DI SURABAYA,” Jurnal, 2022. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id (accessed Dec. 20, 2022)
[9] Lestari, Agustina, “PERTAMBAHAN NILAI PADA PT. GLOPAC INDONESIA,” Skripsi S1, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta. 2017. (accessed Dec. 20, 2022)
[10] Putri, Marsela Rosiana, “Implikasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pertambahan Tarif PPN 11% terhadap Pelaku Usaha Kerajinan Lokal di Kota Malang,” Jurnal, 2022. https://journal.iainlangsa.ac.id. (accessed Dec. 20, 2022)
[11] Putri, Veni Gerhana dan Agus Subandoro, “ANALISIS PENGARUH KENAIKAN TARIF PPN 11% TERHADAP PENJUALAN PT X,” Jurnal, 2022. https://revenue.lppmbinabangsa.id. (accessed August. 18, 2022)
[12] Wilyan, Windy Agnes. et al, Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk, Jurnal, 2022. https://jurnal.mdp.ac.id (accessed Feb. 14, 2023)
Published
2023-04-13