Dampak Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Supermarket Diamond Palembang

  • Shintya Elly David Universitas MDP
  • Ratna Juwita Universitas Multi Data Palembang
Keywords: harga, kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di supermarket Diamond Palembang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di Supermarket Diamond Kota Palembang. Sampel berjumlah 221 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga, berpengaruh secara positif signifikan secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pelanggan di supermarket Diamond Palembang.

References

[1]Candrianto. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Padang: Literasi Nusantara.
[2]Kotler, Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
[3] Maridah, Hardani. 2021. “Kualitas Pelayanan, Faktor Emosional Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen.” Philanthropy Journal of Psychology 5:109-130. https://journals.usm.ac.id/index.php/philanthropy/article/view/3303/2102.
[4] Nabila, Bambang. 2019. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sakinah Supermarket Surabaya.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/819.
[5] Nadia, Murie, dan Peridawaty. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sendy’s Swalayan Palangka Raya.” Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi 1. file:///C:/Users/User/Downloads/jmsoupr,+3.+Nadia+(181+-+191)-1.pdf.
[6] Nazrul dkk. 2020. “Malaysian Journal of Social Science and Humanities (MJSSH).” Customer’s Satisfaction Towards 99Speedmart based on Product Quality and Service Quality in Bangsar, Kuala Lumpur 5:285-300. https://www.researchgate.net/publication/347944077.
[7] Ndururu, Rinaldo, dan Yulistia. 2021. “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Transmart Kota Padang.” Jurnal Manajemen 3:123-134.https://ejurnalunespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/274/267.
[8] Novita. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbelanja Pada Swalayan 88 Padangsidimpuan,” Skripsi S1. Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6258/.
[9] Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (Quantitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
[10] Sabarudin, Chaniago. 2022. Keputusan Pembelian Pengguna OVO Ditinjau Dari Kemudahan, Price Discount Dan Kepuasan. Surabaya: Global Aksara Pers.
[11] Selamet, Leony. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Emosional dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Di Kota Metro.” Jurnal Manajemen Diversifikasi 2. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/diversifikasi/article/view/1043/925.
[12] Silvia, Ciamas, Anggraini, Nugroho, dan Ivone. 2021. “Analisis Kepuasan Pelanggan pada UD DAVIA, Medan.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 458-461. https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/621/613.
[13] Syamsiah. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Supermarket Transmart Carrefour di Kota Makassar.” Skripsi S1. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12735/.
[14]Temporaktif. 2020. “Alasan orang lebih suka berbelanja ke supermarket.” Wikipedia. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12735.
[15]Indrasari.2019.Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
[16]Apriani, Neti Erlina. 2022. “Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Alat Tulis Putra Kembar.” Jurnal MDP Student Conference. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1754/585
Published
2023-04-13