Loyalitas Pelanggan Lipstik Maybelline Dilihat Dari Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Kualitas Produk

  • Putri Rahma dini Universitas MDP
  • Nyimas Artina Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Lipstik Maybelline di Kota Palembang secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 200 responden dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Untuk menganalisis data penelitian menggunakan metode analisis regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS Statistics 20, Hasil dari penelitian ini secara parsial variabel Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Sedangkan secara simultan variabel Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, dan Kualitas Produk secara positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Pelanggan.

References

[1]Top Brand. (n.d.). Top Brand Index 2019 -2021. Retrieved September 23, 2022, from https://www.topbrand-award.com/
[2] Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
[3] Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, & Loyalitas Pelanggan (Pertama). CV. Jakad Publishing Surabaya.
[4] Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (Pertama). Deepublish.
[5] Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
[6] Hudri, dan Mukhsin 2022, Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Dengan Pelatihan Sebagai Variabel Moderating, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[7] Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24
[8] Lestari, D. A., & Nurhadi, N. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2), 22–30. https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2714
[9] Sidi, Purnomo. A 2022, Urgensi Selebriti Endorser, Harga dan Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian Scarlet Body Whitening, MDP Student Conference 2022, Palembang.
[10] Nurhayati, S. (2020). Pengaruh Brand Trust, Brand Experience dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. VII(2), 188–198.
Published
2023-04-13