Pengaruh Lokasi, Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Wendy’s Palembang

  • Ronaldo Christian Theja Universitas Multi Data Palembang
  • Sri Megawati Elizabeth Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Harga, Lokasi, Promosi, Kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh lokasi, Produk dan promosi terhadap kepuasan pelangan Wendy’s Palembang secara parsial maupun simultan. Teknik yang dipakai untuk  mengumpulan data yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan skala likert, dengan jumlah 100 responden. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Pengolahan data penelitian ini menggunakan software SPSS 26. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini menunjukan secara parsial, Bahwa variabel lokasi dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dapat disumpulkan secara simultan menunjukan semua seluruh variabel independen yang di gunakan yaitu lokasi, produk dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

References

[1] F. Tjiptono, Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta, 2018.
[2] P. Kotler and G. Amstrong, Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Yogyakarta, 2018.
[3] A. K. Arifin and W. Soediono, “Pengaruh Food Quality, Price, Location and Environment dan Service Quality terhadap Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction,” E-Jurnal Manaj. Trisakti Sch. Manag. (TSM), vol. 1, no. 4, pp. 151–164, 2021.
[4] R. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, 3rd ed. Jakarta: Selemba Empat, 2018.
[5] A. Husna, Z. Zuriani, and S. Sumitro, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Geprek Warung Endus Sibuaya,” J. Valuasi J. Ilm. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 340–352, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i2.24.
[6] P. Kotler and L. K. Keller, Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Jakarta: CV Penerbit Qiara Media, 2018.
[7] I. Sari, R. Anindita, and P. Setyowati, “Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji,” Habitat, vol. 29, no. 2, pp. 57–64, 2018, doi: 10.21776/ub.habitat.2018.029.2.7.
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta, 2018.
[9] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, VIII. Semarang, 2018.
[10] N. Erlina, “Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Alat Tulis Putra Kembar,” pp. 254–260, 2022.
[11] A. D. Setyandi, “Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks East Coast Center Surabaya,” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 2020.
[12] H. Ditha, “Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food,” Ekspektra J. Bisnis dan Manaj., vol. 3, pp. 25–38, 2019, doi: 10.25139/ekt.v3i1.1431.
Published
2023-04-13