Pengaruh Tata Letak Toko dan Warna Terhadap Impulse Buying di Toko Jilbab Turki Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh tata letak toko dan warna terhadap impulse buying di toko Jilbab Turki Palembang secara parsial dan simultan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner dengan responden sebanyak 104 responden. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling serta pengolahan data menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tata letak toko dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 4,148 > t tabel 1,6604 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, warna dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dengan nilai t hitung 6,776 > t tabel 1,6604 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terhadap impulse buying. Uji simultan membuktikan bahwa variabel tata letak toko dan warna berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel impulse buying dengan nilai f hitung 47,543 > f tabel 2,463 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
References
[2] A. SAVIRA ALIFIA and C. HADI, “Pengaruh Store Atmospheredan Brand Imageterhadap Perilaku Impulsive BuyingPada Konsumen Retail Fashion,” J. Bul. Penelit. Psikol. dan Kesehat. Ment., vol. 1, no. 1, pp. 508–519, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.unair.ac.id/index.php/BRPKM
[3] A. F. Fazri, R. Arifin, and A. B. Primanto, “Pengaruh Visual Merchandising, Potongan Harga, Kualitas Layanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi Pada Pembeli Toko Paradise,” Ris. Manaj., vol. 09, pp. 82–94, 2020.
[4] R. A. Naim, “Pengaruh Keragaman Produk, Store Atmosphere dan Promosi Instagram Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Wanita di Toko Pakaian Dressy Gallery,” Kekuatan Huk. Lemb. Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, vol. 21, no. 2, pp. 1–9, 2020.
[5] C. W. Utami, Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, 3rd ed. jakarta: Salemba Empat, 2017.
[6] M. Riadi, “Store Atmosphere (Pengertian, Faktor dan Elemen),” kajianpustaka.com, 2021. https://www.kajianpustaka.com/2021/08/store-atmosphere-pengertian-faktor-dan-elemen.html
[7] Y. A. Kembaren, G. Kartono, and M. Mesra, “Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna,” Gorga J. Seni Rupa, vol. 9, no. 1, p. 121, 2020, doi: 10.24114/gr.v9i1.18187.
[8] N. W. Saputri and M. Kusuma, “Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Toko Mayola Shop Mega Mall Kota Bengkulu),” J. Manaj. Modal Insa. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 240–249, 2020.
[9] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit universitas Diponegoro, 2018.
[10] S. Bahri, Metodologi Penelitian Bisnis: Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS, 1st ed. Indonesia: Andi Yogyakarta, 2018.