Pengaruh Influencer Marketing dan Social Media Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita

  • Juniar Ayu Tantilofa Universitas Multi Data Palembang
  • Herry Widagdo Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Influencer, Minat Beli, social media

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan social media terhadap minat beli produk fashion wanita pada Kioku Thriftshop baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 180 orang sebagai sampel penelitian dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for windows untuk pengolahan datanya. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel influencer marketing dan social media secara parsial berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan secara simultan variabel influencer marketing dan social media secara simultan terhadap minat beli produk fashion wanita pada Kioku Thriftshop.

References

[1] N. Stevani and A. Junaidi, “Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Fashion Wanita Pada Instagram,” Prologia, vol. 5, no. 1, 2021.
[2] A. Y. S. Winata, D. Islam, M. B. S. Gitayuda, and A. Setyawan, Digital Marketing: Memperkuat Kapabilitas dan Agilitas Bisnis. Grobogan: Grobogan: Yayasan Citra Dharma Cindekia, 2020.
[3] A. Y. Prasetya, A. D. Astono, and Y. Ristianawati, “Analisa Strategi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media dan Online Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Online Zalora),” Pros. Semin. Nas. UNIMUS, vol. 4, pp. 355–365, 2021.
[4] H. Wijoyo, Y. Cahyono, A. Ariyanto, and F. Wongso, Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Padang: Padang: Insan Cendekia Mandiri, 2020.
[5] E. Purnamasari and Ismunandar, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Bima),” Balanc. J. Ekon., vol. 16, no. 2, pp. 166–175, 2020.
[6] M. Bosnjak, I. Ajzen, and P. Schmidt, “The Theory of Planned Behavior: Selected Recent Advances and Applications,” Eur. J. Psychol., vol. 16, no. 3, pp. 352–356, 2020.
[7] V. Simamora and R. A. Umry, “Pengaruh Influencer dan Social Media Sebagai Strategi Marketing Baba Rafi Enterprise Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ngikan Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Moderating,” J. Bus. Entrep., vol. 4, no. 1, 2020.
[8] D. Satori and A. Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2020.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2018.
[10] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
[11] F. M. Hapsari, Sudarwati, and F. S. Marwati, “Pengaruh Brand Trust, Media Sosial dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli,” J. Manaj., vol. 14, no. 1, pp. 91–97, 2022.
Published
2023-04-13