The Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Hotel Harvani Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Harvani Palembang. Sampel dalam penelitian adalah pelanggan yang pernah menginap lebih dari sekali di Hotel Harvani Palembang yang berjumlah 139 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala Likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan instrumen, analisis regresi linear, uji hipotesis, dan uji R2. Data diolah dengan software IBM SPSS 26. Hasil penelitian adalah harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
References
[2] Badan Pusat Statistik, “Tingkat Penghunian Kamar Pada Hotel Berbintang di Indonesia 2019-2022,” 2022. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/
[3] K. Gunawan and C. A. Pramuditha, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mie Ayam Atet Palembang),” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 4, 2022.
[4] M. Indrasari, PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan - - Google Books. Surabaya: Unitomo Press, 2019.
[5] K. Rifa’i, “KEPUASAN PELANGGAN (CUSTOMER SATISFACTION) ; Membangun Loyalitas Pelanggan,” p. 55, 2019, [Online]. Available: http://digilib.iain-jember.ac.id/693/1/BUKU MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN OLEH Dr. KHAMDAN RIFA’I%2C SE.%2CM.Si.pdf
[6] Candrianto, Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Batu: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.
[7] P. Wulandari and R. B. Lestari, “Pengaruh Harga, Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa XYZ Di Palembang 2021-2022,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 4, 2022.
[8] I. T. SUMSEL, “Tak Ada Lagi PCR dan Antigen, Hunian di Hotel Sumsel Naik 60 Persen,” 2022. https://sumsel.idntimes.com/business/economy/feny-agustin/tak-ada-lagi-pcr-dan-antigen-hunian-di-hotel-sumsel-naik-60-persen (accessed Sep. 07, 2022).
[9] C. E. Thungasal and D. I. H. Siagian, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari,” AGORA, vol. 7, 2019.
[10] W. Wardani and D. S. Wulandari, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Tamu Melalui Kepuasan Tamu Sebagai Variabel Intervening Pad Hermes Palace Hotel Medan,” J. Stud. Manaj., vol. 2, 2020.
[11] R. Mardiana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Hotel X di Jakarta,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, 2022.
[12] A. Novitasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Tanjung Surabaya Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating,” Soetomo Bus. Rev., vol. 2, 2021.