The Dampak Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan, Suasana Toko, Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomaret
Abstract
Berguna untuk melihat Dampak Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Suasana Toko dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan di Indomaret Demang Lebar Daun Palembang. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner menurut skala likert dengan jumlah responden sebanyak 310 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling serta dan di dukung bantuan software SPSS 25. Hasil uji parsial (uji t) menunjukan hasil Kepercayaan Pelanggan nilai sig sebesar 0.002 < 0.05, Kepuasan memiliki nilai sig 0.000 < 0.05, Suasana Toko memiliki nilai sig 0.001 < 0.05 dan Switching Barrier memiliki nilai sig 0.000 < 0.05. Pada hasil uji parsial (uji F) nilai sig 0.000 < 0.05 yang berarti penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan Pelanggan, Kepuasan, Suasana Toko dan Switching Barrier berpengaruh positif signifikan secara parsial dan juga simultan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Indomaret Demang Lebar Daun Palembang).
References
[2] Indomaret (2022), Sejarah dan Penghargaan Indomaret, Diakses 8 Oktober 2022, dari www.indomaret.co.id.
[3] Rifa’i, Khamdan 2019, Membangun Loyalitas Pelanggan, Deepublish, Jember.
[4] Devirman, Simanjuntak 2021, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen PT Sumber Alfaria Trijaya, TBK, Jurnal Ilmu Manajemen vol. 85 no73.
[5] Istiqomah, Nur, dkk 2021, Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Minimarket Sakinah 212), Jurnal Magister Manajemen vol. 9 no.2.
[6] Hamali, Sambudi 2019, Desain Tata Letak (Layout Design), Diakses 29 Agustus 2022, dari www.bbs.binus.ac.id.
[7] IIlhamsyah, Mulyani 2019, Pengaruh Atmosfer Toko dan Promosi Terdahap Loyalitas Pelanggan Minimarket OMI Koperasi PGRI Palembang, Jurnal Manivestasi vol. 1 no.2.
[8] Harahap (2020), Apa Itu Switching Barrier, Diakses 01 September 2022, dari www.dictio.id.
[9] Darma, Sunreni, dkk 2019, Pengaruh Switching Barrier dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Interbis (Studi Pada PT. Multimas Sumber Harapan Padang), Jurnal Matua vol. 1 no.2.
[10] Ramadhani, Niko 2022, Apa Itu Loyalitas dan Bagaimana Cara Membentuknya, Diakses 7 September 2022, dari www.akseleran.co.id.
[11] Indrasari, Meithiana 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Deepublish, Surabaya.
[12] Cindy, Lestari 2022, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Palembang Trade Center, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[13] Chandra, Megawati 2022, Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Brasserie Resto Di Kota Palembang 2021 – 2022, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan
[14] Sugiyono 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D, Deepublish, Bandung
[15] Bahri, Syaiful 2018, Metodelogi Penelitian Bisnis, Deepublish, Yogakarta.