Dampak Karakteristik Toko, Karakteristik Produk, Emosi Positif terhadap Impulse Buying Miniso PSX

  • Muhammad Chairullah UMDP
  • Ratna Juwita Universitas Multi Data Palembang
Keywords: kepercayaan, kepuasan, loyalitas, suasana toko, switching barrier

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihatĀ  Dampak Karakteristik Toko, Karakteristik Produk Dan Emosi Positif Terhadap Impulse Buying Pada Miniso Cabang Palembang Square Extension. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 273 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Metode analisis regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS Statistics 25 dilakukan untuk menganalisis data penelitian. Hasil uji parsial (pengujian t) menunjukan hasil Karakteristik Toko memiliki nilai sig 0.002 < 0.05. Sedangkan besaran thitung dari variabel karakteristik Produk mempunyai nilai sig 0.000 < 0.05. Variabel lainnya, yaitu Emosi Positif menunjukkan signifikansi 0.000 < 0.05. variabel Karakteristik Toko, Karakteristik Produk, Emosi Positif dalam uji simultan (Pengujian F) secara bersamaan memberikan pengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan angka Sig sebesar 0.000 < 0.05.

References

[1] Baiti, Nor (2021). Pengaruh Karakteristik Toko, Display Produk, dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Impulse Buying pada Toko Princess Cosmetic Banjarmasin. Jurnal Ilmu Manajemen vol. 1 no.2
[2] Bahri, syaiful 2018, Metodelogi Penelitian Bisnis, Deepublish, Yogakarta.
[3] Chaniago, Harmon 2021, Manajemen Ritel dan Implementasinya, Deepublish, Bandung.
[4] Chandra, Gesita, 2019. Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Pembelian Impulsif Pada Generasi Z Yang Dimoderatori Oleh Gender, Jurnal Manajemen dan Bisnis vol. 6 no.1.
[5] Euromonitor 2022, Jumlah Gerai Retail Asing di Indonesia 2022, https://Euromonitor.retailasing.com
[6] Maimunah, Isfi 2021, Pengaruh Faktor Situasional Terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada retail Miniso Malang town square)
[7] Norbaiti 2021, Peengaruh Karakteristik Toko, Display produk, motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying Transmart Barjarmasin, Jurnal manajemen dan bisnis
[8] Nainggolan. et a l 2020, Perilaku Konsumen Di Era Digital, Deepublish, Yogyakarta
[9] Pena Sumatera 2022, Jumlah gerai Miniao, di akses : http://gerai.miniso.com
[10] Putra, ahmad 2018, Pengaruh Karakteristik Toko dan produk bagi konsumen di Indonesia terhadap Impulse Buying, Jurnal Ilmu Manajemen vol III no 2
[11] Sugiyono 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R dan D, Deepublish, Bandung
[12] Vishella 2022, Pengaruh Store Image, Store Atmosphere, Keragaman Produk, Dan Shopping Emotion Terhadap Impulse Buying (Studi Pada CV. Aladin Jaya Di Kota Palembang). MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[13] Saputra, Handy (2021) Pengaruh Persepsi Konsumen, Iklan, Brand Equity Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kota Palembang. MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
Published
2023-04-13