Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Komputer XYZ

  • Agnes Jessica Universitas Multi Data Palembang
  • Megawati Megawati Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Kepuasan, Kepercayaan, Loyalitas

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Ruang lingkup penelitian dibatasi variabel kepuasan, kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian adalah kuesioner dan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian untuk uji parsial, niali signifikan kepuasan adalah 0,000 dan nilai signifikan kepercayaan 0,000. Untuk uji simultan, nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai Adjusted R Square adalah 0,526 atau 52,6%. Kesimpulan penelitian adalah kepuasan dan kepercayaan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

References

[1] Firmansyah, Anang, 2018, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), Deepublish, Yogyakarta.
[2] Katharina, Gloria Fransisca, 2019, Minat Masyarakat Membeli Barang Elektronik Meningkat, www.ekonomi.bisnis.com.
[3] Astuti, Miguna, 2020, Pengantar Manajemen Pemasaran, Deepublish, Yogyakarta.
[4] Candrianto, 2021, Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar, Penerbit Literasi Nusantara, Malang.
[5] Fielnanda, Refky, 2022, Urgensi Islamic Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah, Penerbit Lakeisha, Yogyakarta.
[6] Ramadhani, Rahmnat, Iskandar dan Awang Y., 2018, Pengaruh Citra Toko dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Station Game, JEMI, vol 18 no 2.
[7] Indani, Ni Luh dan Anak Agung Elik A., 2020, Pengaruh Kualitas Jasa Servis dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Agus Global Store, Jurnal Satyagraha, vol 3 no 1.
[8] Debora, Laura, 2018, Pengaruh Kualitas Jasa, Kemudahan Transaksi, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol 2 no 6.
[9] Pradida, Debbi Rangga dan Nanag, 2022, Pengaruh Citra Merek, Perceived Value, dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas, Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, vol 1 no 1.
[10] Ansori, M., 2020, Metode Penelitian Kuantitatif, UniversityPress, Surabaya.
Published
2023-04-13