The Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Chatime PIM

  • Teresa Fiolina Universitas MDP
  • Sri Megawati Elizabeth Universitas Multi Data Palembang
Keywords: harga, kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti secara parsial dan simultan bagaimana pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan Chatime PIM (Palembang Indah Mall). Sampel yang digunakan sebesar 340 sampel. Metode pengumpulan data dengan kuesioner menggunakan skala pengukuran likert. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Non probability sampling merupakan teknik untuk pengampilan sampel dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel independent berpengaruh terhadap variabel dependen. Secara simultan, variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

References

[1] Kemenperin.go.id, “Kontribusi Industri Makanan dan Minuman Temus 37,77 Persen.”
[2] Chatime, “Tentang Chatime Indonesia.” https://chatime.co.id/aboutus (diakses 27 Agustus 2022).
[3] D. H. Palupi, “Chatime, Terapkan Strategi Agresif dan Inovatif,” 2020. https://swa.co.id/kumparan/chatime-terapkan-strategi-agresif-dan-inovatif (diakses 12 Oktober 2022).
[4] B. A. Chandra dan Megawati, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Brasserie Resto di Kota Palembang,” J. Manaj. Univ. Multi Data Palembang, vol. 4, hal. 36, 2022.
[5] K. Gunawan dan C. A. Pramuditha, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mie Ayam Atet Palembang,” vol. 4, hal. 30, 2022.
[6] K. Fadhli dan N. D. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan Poskopi Zio Jombang,” vol. 2, no. 2, hal. 603–612, 2021.
[7] J. O. Kristanto, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe One Eigteenth Coffee,” 2018.
[8] M. M. Sihombing dan M. H. Arifin, “Pengaruh Varian Menu , Harga , dan Suasana Cafe , Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin,” vol. 1, no. 1, hal. 26–33, 2021.
[9] T. Hadiwijaya dan J. Khalid, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Hours Coffee and More Jakarta,” 2022.
[10] A. Prof.H.Imam Ghozali, M.Com, Ph.D, CA, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9, 9 ed. 2018.
Published
2023-04-13