Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Toyota TAG Perintis Palembang

  • Putri Oktavia Universitas Multi Data Palembang
  • Kardinal Kardinal Universitas Multi Data Palembang
Keywords: kepuasan pelanggan, kualitas layanan, promosi, suasana

Abstract

Penentu kepuasan pelanggan meliputi promosi, kualitas layanan, dan suasana. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah promosi, kualiitas pelayannan, dan suasana berpengaruh secaara bersma terhadap kepuasan pelannggan di Toyota TAG Perintis Palembang. Menggunakan metode kuantitatif kausal dan sampel sebanyak 195 responden. Non-probability sampling, purposeful sampling, multiple regression dan metode lain digunakan untuk analisis data, dan alat uji statistik SPSS versi 26 digunakan. Dan berdampak positif terhadap kepuasan pelanggan Toyota TAG Perintis Palembang.

References

[1] M. Indrasari, Pemasaran&Kepuasan Pelanggan . Surabaya: 2019, 2019.
[2] D. Priansa, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. 2018.
[3] A. Firmansyah, Pemasaran ( Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
[4] O. Kristianto and M. Indrasari, “Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Departemen Service Mitsubishi Motors Surabaya,” Soetomo Bus. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 268–284, 2022.
[5] V. Kusnandar, “Toyota Kuasai Pangsa Pasar Mobil di 2022.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/20/toyota-kuasai-pangsa-pasar-mobil-di-ri-pada-semester-i-2022
[6] S. I. Hikmayanti Huwaida, Rofi’i, “Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dealer Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin,” vol. 22, no. 1, pp. 65–75, 2022.
[7] Muzdalifah, “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Layanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Makmu Surabaya,” E-Journal STIESIA Surabaya, vol. 6, no. 11, 2017.
[8] D. Y. Yoga, “pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Auto 2000 HR. Muhammad,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 8, pp. 1–18, 2019.
[9] H. Tanugraha,Alexander/Widagdo, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Z Di Palembang,” J. Publ. Mhs. Manaj. Univ. Multi Data Palembang, vol. 11, no. 11, p. 1957, 2022.
[10] B. Chandra, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Brasserie Resto Di Kota Palembang 2021 - 2022,” J. Publ. Mhs. Manaj. Univ. Multi Data Palembang, vol. 4, no. 1, pp. 36–42, 2022.
Published
2023-04-13