Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kampoeng Kayoe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas PelanggannResto Kampoeng Kayoe. Teknik pengambilan sampel dalam penelitianiini menggunakan metode purposive sampling serta penggunaan rumus slovin dan muncul jumlah keseluruhan sampel sebanyak 210 sampel yang ditujukkan kepada responden yang pernah melakukan kunjungan dan membeli lebih dari dua kali di Resto Kampoeng Kayoe. Metode analisis regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS Statistics 23 dilakukan untuk menganalisis data penelitian. Hasil uji parsial (pengujian t) menunjukkan bahwa Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan angka siginifikasi 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan angka siginifikasi 0,000 < 0,05. Dan Kualitas Produk memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan angka nilai siginifikasi 0,000 < 0,05. Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk dalam uji simultan (uji F) secara bersamaan memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan angka nilai siginifikasi 0,000 < 0,05.
References
[2] Indrasari, Meithiana 2019, Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan, Unitomo Press, Surabaya, Jawa Timur.
[3] Rifa’i, Khamdan 2019, Membangun Loyalitas Pelanggan, Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, Yogyakarta.
[4] Lopumeten, Rotsmi, Tomasoa, Sefnat 2018, Pengaruh Experimental Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Restoran Imperial Resto Di Kota Ambon), Jurnal SOSOQ Volume 6 Nomor 1, Sekolah Tinggi Ekonomi Runtu Nusa, Ambon.
[5] Naini, Nurul, Santoso, Sugeng, Andriani, Tanti, Claudia, Unique, Nurfadillah 2021, The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty, Journal of Consumer Sciences, Universitas Mercu Buana, Jakarta.
[6] Firmansyah, Anang 2019, Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy), CV. Penerbit Qiara Media, Surabaya.
[7] Hudri, dan Mukhsin 2022, Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Dengan Pelatihan Sebagai Variabel Moderating, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.
[8] Halim, Fitria, Kurniulla, Ardhariksa, Efendi, Marisi, Sudarso, Andriasan, Purba, Bonaraja, Sisca, Darwin, Permadi, Hengki, Novela, Vina 2021, Manajemen Pemasaran Jasa, Yayasan Kita Menulis, Medan.
[9] Adila, Anastasia 2018, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Juragan Pecak, Skripsi S1, Universitas Buddhi Dharma, Tanggerang
[10] Sidi, Purnomo Agus 2022, Urgensi Selebriti Endorser, Harga dan Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening, MDP Student Conference 2022, Palembang, Sumatera Selatan.