Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan

  • Priscila Patricia Apriani Mahasiswa
  • Siti Khairani Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengungkapan CSR dan GCG diproksikan oleh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor energi yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2021. Pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapat 44 sampel perusahaan. Teknik analisis data mempergunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dan GCG diproksikan oleh kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

[1] W. D. Prawita, “Corporate Social Responsibility Dan Corporate Financial Performance: Peran Mediasi Stakeholders Influence Capacity,” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), vol. 2, no. 3, pp. 341–359, 2018.
[2] D. R. M. Karina and I. Setiadi, “Pengaruh Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Gcg Sebagai Pemoderasi,” Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, vol. 6, no. 1, p. 37, 2020.
[3] J. Dura, “Pengungkapan Sustainability Kinerja Ekonomi Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur,” in MDP Student Conference, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 47–53.
[4] D. Kosasih, “Indeks Sektor Harga Saham Energi Tergelincir pada awal 2021, ini kata Analisis,” liputan6.com, Jakarta, 2021.
[5] A. Anita and A. Yulianto, “Pengaruh kepemilikan manajerial dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan,” Management Analysis Journal, vol. 5, no. 1, 2016.
[6] S. F. Wahyuni, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 109–117, Sep. 2018.
[7] N. M. Suastini, I. B. A. Purbawangsa, and H. Rahyuda, “Pengaruh kepemilikan manajerial dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (struktur modal sebagai variabel moderasi),” E-Jurnal ekonomi dan bisnis Universitas Udayana, vol. 5, no. 1, pp. 143–172, 2016.
[8] R. Gantino and L. R. Alam, “Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dimoderasi oleh Kinerja,” Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 10, no. 2, pp. 215–230, 2020.
[9] J. E. Evita, “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Sales Growth, dan Capital Intensity terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,” Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya , 2019.
[10] A. D. Hermawan, “Pengaruh Kebijakan Deviden, Growth Opportunity dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Intervening,” Sosio E-Kons, vol. 10, no. 2, pp. 131–142, 2018.
[11] F. A. K. Tambalean, H. Manossoh, and T. Runtu, “Pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di BEI,” Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, vol. 13, no. 04, 2018.
[12] F. Cahyaningtyas, “Peran Moderasi Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan: Perspektif Teori Sinyal,” MDP Student Conference, vol. 1, no. 1, pp. 153–159, 2022.
Published
2023-04-13