Perancangan User Experience Dan User Interface Pada Aplikasi Gameku Dengan Menggunakan Pendekatan Design Thinking

  • Fransiskus Daniel Chandra Universitas MDP Palembang
  • Fernando Namas
  • Romi Laxi
  • Ampu Syura
  • David Sebastian
  • Muhammad Rizky Pribadi
Keywords: User Experience; User Interface; Aplikasi; Gameku; Design Thinking.

Abstract

Abstract: Game is a software that is made to be played in spare time for people who like to play games. Each player can purchase items (Top Up) to use in the game to improve the actor's abilities. Top up games themselves are usually online games, but after many game top up places, there are many cases of game fraud such as taking over customer accounts. To make a game Top Up transaction, a password and email or game id are usually required. Overcoming this problem by creating an information system in the form of the Gameku application using a Design Thinking approach. This research explains the process of creating the Gameku application to make it easier for the public to understand important information related to Gameku. The design process, prototyping, application testing, test results and conclusions.

 

 

Abstrak: Game adalah salah satu perangkat lunak yang dibuat untuk di mainkan pada waktu luang untuk masyarakat yang gemar bermain game. Setiap pemain game dapat membeli item game untuk digunakan dalam permainan untuk meningkatkan kemampuan aktor. Pembelian item game biasanya pada game online, namun setelah banyaknya tempat Pembelian item game, banyak terjadi kasus penipuan game seperti mengambil alih akun customer. Untuk melakukan transaksi Pembelian item game, biasanya diperlukan password dan email atau id game. Mengatasi masalah tersebut dengan membuat sistem informasi berupa aplikasi Gameku dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Peneltian ini menjelaskan proses pembuatan aplikasi Gameku untuk mempermudah masyarakat mengerti informasi-informasi penting yang berhubungan dengan Gameku. Proses perancangan, pembuatan prototype, pengujian aplikasi, hasil pengujian dan kesimpulan.

References

[1] Kuswanto, J., Yunarti, Y., Adesti, A., 2021. Pemanfaatan TIK dalam Mendukung Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Forficate (Informatics Engineering Dedication), Vol. 1 No. 1, 109-114.
[2] Fadlillah, A.M., Fadila, A., Husniati, R., 2021. Pembinaan Kapasitas Manajemen “UMKM Go Digital” di Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Forficate (Informatics Engineering Dedication), Vol. 1 No. 1, 1-7.
[3] Anggara, D.A., Harianto, W., Aziz, A., 2021. Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean UX. KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, Vol. 4 No. 1, 58-74.
[4] Fernando, F., 2020. Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi Pencari Indekost di Kota Padangpanjang. Jurnal TANRA Desain Komunikasi Visual, Vol. 7 No. 2, 101-111.
[5] Susanti, E., Fatkhiyah, E., Efendi, E., 2019. Pengembangan UI/IX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Simposium Nasional RAPI XVIII, 364-370.
[6] Putra, T, A, M., Wijoyo, S, H., Rokhmawati, R, I., 2019. Evaluasi User Experience Pada Social
Application Mobile HAGO Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal
Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.3 No.7, 6721 – 6730.
[7] Karnawan, G., Andryana, S., Komalasari, R, T., 2021. Implementasi User Experience Menggunakan
Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic. Jurnal Teknoinfo, Vol.15 No.1, 61 – 66.
[8] Pradana, A, R., Idris, M., 2021. Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile
E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Universitas Islam
Indonesia, 1 – 8.
[9] Saputra, T, A., 2015. Implementasi Design Thinking Dalam Membangun Inovasi Model Bisnis
Perusahaan Percetakan. Universitas Kristen Petra, 833 – 844.
[10] Sari, I, P., Kartina, A, H., Pratiwi, A, M., 2020. Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking
Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia, Vol.
2, No.1.
Published
2022-01-28