Perancangan Pertanyaan Indikator User Experience Aplikasi SIMPONI Mobile Universitas Multi Data Palembang Menggunakan User Experience Questionnare

  • Gerry Tanjungan Universitas Multi Data Palembang
Keywords: user experience, mobile, user experience qustionnare

Abstract

Abstract:

Multi Data Palembang  University during the lecture process provides several online media for students. One of the online media provided by MDP University is Simponi Mobile. The importance of the SIMPONI Mobile application for users, needs further analysis in user experience satisfaction to find out whether the application needs improvement or has met the needs of its users, using the User Experience Questionnaire (UEQ) method In collecting data by distributing questionnaires to users of the SIMPONI mobile application, namely college student. The design of the questionnaire in the form of a number of questions as indicators of research variables with the aim and results to be achieved is that SIMPONI mobile can be better for users of the SIMPONI mobile application from the 6 UEQ scales, namely attractiveness, perpicuity, efficiency, dependability, stimulation, and novelty.

 

Abstrak:

Universitas Multi Data Palembang selama proses perkuliahan menyediakan beberapa media online untuk mahasiswa.. Salah satu media online yang disediakan oleh MDP University adalah SIMPONI Mobile. Pentingnya aplikasi SIMPONI Mobile bagi pengguna,  butuh di analisis lebih lanjut dalam kepuasan pengalaman pengguna agar mengetahui apakah aplikasi tersebut perlu adanya peningkatan atau sudah memenuhi kebutuhan para penggunanya, dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Dalam pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesionar kepada pengguna aplikasi SIMPONI mobile, yaitu mahasiswa. Rancangan kuesioner berupa sejumlah pertanyaan sebagai indikator variabel penelitian dengan tujuan  dan hasil yang ingin dicapai adalah SIMPONI mobile dapat menjadi  yang lebih baik untuk para pengguna aplikasi SIMPONI mobile dari 6 skala UEQ, yaitu attractiveness, perpicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty.

References

[1] E. Ali., 2016. SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Metode User Centered Design (UCD ) Dalam Membangun Aplikasi Layanan, Sains dan Teknol. Inf., Vol. 2, No. 2, pp.1–6.

[2] H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Y. K. Isal, A. Y. Utomo, and B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” J. Educ. Online, vol. 13, no. 1, pp. 58–79, 2016.

[3] B. Laugwitz, T. Held, dan M, Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), vol. 5298 LNCS, hal. 63–76, 2008.

[4] Sugiyono., 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[5] Sujarweni, V. Wiratna., 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

[6] Widoyoko, Eko Putro., 2016. Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[7] Sugiyono., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

[8] Santoso, N.A., Virginia, G., Susanto, B., 2017, Evaluation Interface Design to Build User Experience on SInTA Service Christian Duta Wacana University Yogyakarta, Transmormatika, No. 1, Vol. 15, Hal 26 – 35.

[9] Saputra, I. N., Wijaya, W., Santika, P. P., Bagus, I., Indra, A., & Alit, I. N., 2021. Analisis Dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Patik Bali Dengan Metode User Experience Questionnaire ( UEQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(2).

[10] Henim, S. R dan Sari, R. P., 2020. Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan Vol. 6, No. 1, Mei 2020, 69 – 78
Published
2022-01-28