Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking

  • Rika Maulina Universitas Multi Data Palembang
  • Ahmad Dumyati Universitas Multi Data Palembang
  • Syifa Wahyuni Universitas Multi Data Palembang
  • Ilham Indra Hidayat Universitas Multi Data Palembang
  • Reza Satria Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi
Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital, Design Thingking

Abstract

Abstract: As the evolution of the entertainment industry has now expanded rapidly, as with the comic-book works of all the world being created and a keen interest in reading for children and adults for comic readers. Thus, we developed an online comic-book app aimed at introducing comics around the world and expanding the world's comic market. So that as a motivation for everyone to ever more passion spawned works and ideas to make comics. Comics are essentially a illustrated book because to preserve paper from raw materials, we develop an online application called icomic that involves a design of thinking, a design of thinking method has five steps to fourth, define, ideate, prototype, and test. The end result of our survey of multifaceted university students who love comics is 71.4% of 21 respondents means that students still like to read comics in their spare time.

 

Abstrak: karena perkembangan zaman evolusi industri hiburan sekarang berkembang semakin pesat, seperti banyaknya karya komik-komik dari seluruh dunia yang tercipta dan juga minat baca bagi anak-anak dan kalangan dewasa yang tinggi bagi para peminat komik, sehingga para peminat sulit untuk memilih genre yang sesuai diinginkan para peminat. karena itu, kami menggembangkan aplikasi komik online yang bertujuan untuk memperkenalkan komik-komik yang ada di seluruh dunia dan semakin mengembangkan pasar komik di dunia. Agar halnya sebagai motivasi untuk semua orang untuk semakin semangat melahirkan karya dan ide untuk membuat komik. komik pada dasarnya media buku yang diisi dengan gambar karena untuk menjaga lingkungan dengan cara menghemat pembuatan kertas dari bahan baku kayu mengembangkan sebuah aplikasi online yang bernama Icomic yang menggunakan metode perancangan thinking, metode perancangan thinking memiliki 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhirnya survei tentang mahasiswa Universitas Multi Data Palembang yang menyukai tampilan UI/UX yang dirancang untuk komik yaitu 71,4% dari 21 responden artinya mahasiswa masih senang untuk membaca komik melalui yang dirancang untuk mengisi waktu luangnya.

References

[1] Swarnadwitya, "Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya.," sis.binus.ac.id, 17 Maret 2020. [Online].
[2] d. M. Nareza, "Memahami Arti, Ciri-Ciri, dan Manfaat Empati," alodokter.com, 14 Oktober 2020. [Online].
[3] W. Slay, "Indonesia Peringkat ke-2 Pembaca Manga Terbanyak di Dunia," www.tribunnews.com, November 2013. [Online]. Available: https://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/11/29/indonesia-peringkat-ke-2-pembaca-manga-terbanyak-di-dunia.
[4] M. GRAPHIC DESIGN, "Apa itu Figma?," kayana, 3 Agustus 2021. [Online].
[5] Bennylin, "Manga," Wikipedia, Agustus 2008. [Online].
[6] HsfBot, "Komik," Wikipedia, Desember 2015. [Online].
[7] Y. Abdhul, "Apa itu Heuristik? Pengertian, Metode dan Tahapan," deepublish, 2012. [Online].
[8] Figma Untuk Pemula: Membuat Desain UI Sederhana. [Film]. United States of Indonesia: Irwansight, 2019.
[9] Irwansight, "Prototyping dan Penerapannya," Efren Manalu, 31 Maret 2019. [Online].
[10] R. U. Manggalani, "5 Situs Keren untuk Membuat Komik Online," suara.com, 18 Desember 2021. [Online].
Published
2022-01-28