Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Femine Menggunakan Metode Design Thinking

  • Clara Meyhazlinda Putri Universitas Multi Data Palembang
  • Carissa Maharani Chandra Universitas Multi Data Palembang
  • Desta Rahman Theja Universitas Multi Data Palembang
  • Riza Umami Universitas Multi Data Palembang
  • Syahrani Nur Hakim Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Aplikasi Mobile, Design Thinking, User Interface, User Experience

Abstract

Abstract: Femine is a period-tracker application. Femine uses a mobile app in operating its function, which is to make it easier for women to track and know the menstruation schedule. The process of making the idea and new innovation to develop this app in this journal is using the Design Thinking method. Design Thinking method is a method that collects various ideas from the user's experience to obtain a solution. The application of Design Thinking Method in developing UI/UX (User Interface/User Experience) for Femine aims to make it easier for users in tracking and knowing their menstruation schedule, especially for female users. After going through all the steps from the Design Thinking method, we’ve finally succeeded in developing Femine to simplify and fulfill user’s needs.

 

 

Abstrak: Femine merupakan aplikasi pelacak menstruasi. Femine menggunakan aplikasi mobile dalam menjalankan fungsinya, yaitu untuk memudahkan para wanita dalam melacak dan mengetahui jadwal menstruasinya. Proses membuat ide dan inovasi baru untuk mengembangkan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking adalah metode yang mengumpulkan berbagai ide dari pengalaman pengguna untuk mendapatkan sebuah solusi. Penerapan metode Design Thinking dalam pengembangan UI/UX (User Interface/User Experience) pada aplikasi Femine bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melacak dan mengetahui jadwal menstruasi para pengguna, khususnya para wanita. Setelah melalui tahapan-tahapan dari metode Design Thinking, berhasil dikembangkannya aplikasi Femine yang telah memudahkan dan memenuhi kebutuhan pengguna.

References

[1] S. L. Ramadhan, I. Fitri and A. Rubhasy, “Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP Menggunakan Metode UCD Pada Kelurahan Tanah Baru,” JATISI, vol. 8, p. 287, 2021.
[2] R. N. Sukmasari, “Pubertas Anak Perempuan,” detikHealth, 17 Februari 2016. [Online]. Available: https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-3144622/jangan-keliru-haid-merupakan-tanda-akhir-pubertas-anak-perempuan. [Accessed 01 Desember 2021].
[3] S. F. Atika, M. Yunus and L. A. Primandari, “APLIKASI PENGHITUNG MASA SUBUR WANITA BERBASIS ANDROID,” Seminar Nasional Sitem Informasi 2017, p. 2, 2017.
[4] P. Aprilia, “Perbedaan UI dan UX Beserta Contohnya,” NIAGAHOSTER, 2019. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/. [Accessed 01 Desember 2021].
[5] E. C. Shirnavadi and M. Idris, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking,” Studi Kasus : Amikom Center, p. 1, 2020.
[6] S. D. Ali, “Design Thinking,” BINUS UNIVERSITY School of Information Systems, 18 Desember 2017. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/. [Accessed 01 Desember 2021].
[7] M. R. Gunawan, S. Andryana and A. Andrianingsih, “User Interface Layanan Mandiri Untuk Gelanggan Olahraga Menggunakan Metode Design Thinking,” JATISI, vol. 8, p. 1398, 2021.
[8] N. L. Junaedi, “Mengenal design thinking: 4 Elemen, tahapan, dan contoh implementasinya,” EKRUT media, 09 September 2021. [Online]. Available: https://www.ekrut.com/media/design-thinking-adalah. [Accessed 02 Desember 2021].
[9] A. Prasetyo, “Pengertian Penelitian Deskripstif Kualitatif,” LINGUISTIK ID, 01 September 2017. [Online]. Available: https://www.linguistikid.com/2016/09/pengertian-penelitian-deskriptif-kualitatif.html. [Accessed 02 Desember 2021].
[10] F. NKD, “Pengertian Design Thinking dan 5 Tahapan di Dalamnya,” LOGIQUE, 07 Januari 2021. [Online]. Available: https://www.logique.co.id/blog/2021/01/07/pengertian-design-thinking/. [Accessed 02 Desember 2021].
Published
2022-01-28