Perancangan Antarmuka Aplikasi Monteer dengan Metode Design Thinking

  • Fellyca Effendi Universitas Multi Data Palembang
  • Kevin Andreas Universitas Multi Data Palembang
  • Calvin Bertnas Valentino Universitas Multi Data Palembang
  • Daniel Johan Universitas Multi Data Palembang
  • Jasen Jonathan Universitas Multi Data Palembang
  • Laurentius Ricardo Wijaya Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi Universitas Multi Data Palembang
Keywords: User Interface, User Experience, Design Thinking, Monteer

Abstract

Abstract: Many people have troubles in fixing their vehicles, calling in mechanics, and maintaining their vehicles. To overcome those problems, We developed Monteer application which will provide features like call a mechanic, guide book, tow, and more. In designing Monteer application, requires a long thinking process. In addition, the error in using the application also happens. So therefore, in designing Monteer UI, "Design Thinking" method is used. Design thinking method is an approach method to solve problems with the main focus on the user and need to go through five steps that is "Empathize", "Define", "Ideate", "Prototype", and "Testing". Therefore, the application will be easy to use.

 

 

Abstrak: Banyak masyarakat kesulitan dalam memperbaiki kendaraan, memanggil montir, serta merawat kendaraan. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, dikembangkan aplikasi Monteer yang akan menyediakan berbagai fitur seperti pemanggilan montir, buku panduan, derek, dan lain sebagainya. Dalam merancang aplikasi Monteer, memerlukan proses pemikiran yang tidak sebentar. Selain itu, kesalahan/kesulitan dalam penggunaan aplikasi juga sering terjadi. Maka dari itu, untuk merancang antarmuka aplikasi Monteer digunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking adalah suatu metode pendekatan untuk memecahkan masalah dengan fokus utama pada pengguna serta perlu melalui lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideat, Prototype, dan Testing. Dengan demikian, aplikasi akan lebih mudah digunakan.

 

 

References

[1] Murni Telaumbanua, “5 Tahap Design Thinking menurut stanford school” [online]. Tersedia: https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9 diakses tanggal 22 November 2021 pukul 21.09

[2] Arvira Swarnadwitya, “Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya” [online]. Tersedia: https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/ diakses tanggal 26 November 2021 pukul 19.47

[3] Badan Pusat Statistik, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis” [online]. Tersedia: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133 diakses tanggal 30 Desember 2021 pukul 22.13

[4] Ayef Komara et al, “Penerapan E-Business Montir Online Berbasis Web Application of Web-Based Online E-Business Mechanic” [online]. Tersedia: https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/641/12/UNIKOM_Ayef%20Komara_Artikel.pdf diakses 3 Desember 2021 pukul 22.19

[5] Feri Fariyanto et al, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa dengan Metode UX Design Thinking” [online]. Tersedia: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/853/351 diakses 14 Desember 2021 pukul 20.31

[6] Yasermi Syahrul, “Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru STMIK PALCOMTECH dan Politeknik PALCOMTECH” [online]. Tersedia: https://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/342/132 diakses 14 Desember 2021 pukul 21.00

[7] Sabika Amalina et al, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking” [online]. Tersedia: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/download/8457/7185 diakses 15 Desember 2021 pukul 20.34

[8] Annisa Mursyidah et al, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya” [online]. Tersedia: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/5071/2396/ diakses 15 Desember 2021 pukul 20.48

[9] Badi Razak, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Komunitas Penghobi Batu Mulia Nusantara” [online]. Tersedia: https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/402/140 diakses 15 Desember 2021 pukul 21.02

[10] M. Hanif Abdurrohman et al, “Model Rancangan Aplikasi Promosi Usaha Rempah Menggunakan Design Thinking” [online]. Tersedia: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/download/1365/716/ diakses 15 Desember pukul 22.10
Published
2022-01-28