PERANCANGAN ANTARMUKA PENGGUNA PADA APLIKASI NIMBLESPACE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Muhammad Naufal Anugrah Universitas Multi Data Palembang
  • Sanila Maharani Universitas Multi Data Palembang
  • Diva Putri Kynta Universitas Multi Data Palembang
  • Bakti Ananda Fernando Universitas Multi Data Palembang
  • Boy Putra Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi Universitas Multi Data Palembang
Keywords: Design Thinking, User Interface, User Experience, NimbleSpace, Application, Aplikasi

Abstract

Abstract: During this pandemic, all learning activities are online. As a result, many students do not understand the material that has been delivered by the lecturer. NimbleSpace is one of the additional learning applications specifically for Students Faculty of Teacher Training and Education. The NimbleSpace strives to provide the best learning for participants. In an effort to provide the best learning, NimbleSpace designed the appearance of their application. The method used in this application design process is Design Thinking method. The use of the Design Thinking method is expected to be able to meet the needs and be able to solve user problems when using the NimbleSpace. After successfully finding and understanding the problem, the results of the application design include User Interface and User Experience which are able to be solutions to existing problems. 74,3% of users stated that the interface design of the NimbleSpace app is easy to use.

 

Abstrak: Pada masa pandemi ini membuat semua kegiatan pembelajaran secara daring. Akibatnya banyak mahasiswa yang kurang memahami materi yang telah disampaikan oleh Dosen. NimbleSpace merupakan salah satu aplikasi belajar tambahan khusus Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Aplikasi NimbleSpace berupaya untuk memberikan pembelajaran yang terbaik untuk para peserta. Dalam upaya memberikan pembelajaran yang terbaik, NimbleSpace merancang tampilan aplikasi mereka. Metode yang digunakan dalam proses rancangan aplikasi ini yaitu, dengan metode Design Thinking. Penggunaan metode Design Thinking diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan dapat menyelesaikan permasalahan pengguna saat menggunakan Aplikasi NimbleSpace. Setelah berhasil menemukan dan memahami permasalahan didapatkan hasil desain aplikasi mencakup User Interface dan User Experience yang mampu menjadi solusi dari permasalahan yang ada. 74,3% pengguna menyatakan bahwa desain antarmuka dari aplikasi NimbleSpace mudah digunakan.

References

[1]Shirvanadi, E. C., (2021), "Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center)", https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156, diakses tanggal 29 November 2021.
[2]Akbar, M. R. F., (2021), "Analisis dan Perancangan UI/UX Menggunakan Metode User Centered Design(UCD) Pada Aplikasi SICYCA MOBILE", Universitas Dinamika, Surabaya.
[3]Gunawan, M. R., Andryana, S., Andrianingsih, A., (2021), “User Interface Layanan Mandiri Untuk Gelanggang Olahraga Menggunakan Metode Design Thinking”, JATISI(Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), Vol. 8, No. 3, hal 1394-1404.
[4]ABDUL NASER, D., Syafwandi, M. S., & San Ahdi, S. S. (2018). “Perancangan User Interface Dan User Experience Halaman Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang”. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).
[5]Joo, H., “A Study On Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change”, Int. J. Appl. Eng. Res., Vol. 12,No. 20,pp. 9931-9935,2017.
[6]Soegaard, M., (2018), "The Basic of User Experience Design”, Interaction Design Foundation
[7]Fauzi, A. H., & Sukoco, I. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37-45
[8]Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). “Design thinking: A creative approach to educational problems of practice”. Thinking Skills and Creativity, 26, 140–153
[9]Steinke, G. H., Al-Deen, M. S., & LaBrie, R. C. (2018). “Innovating information system development methodologies with Design thinking”. Proceedings of the 5th Conference in Innovations in IT, Volume Nr. 5.
[10]Wijaya, M. H., Pakereng, M. A. I., “Peracangan Aplikasi E-Ticketing Pada Agen Bus Berbasis Website Menggunakan Laravel”, JATISI(Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), Vol. 8, No. 3, hal 1384-1396.
Published
2022-01-28