Pengembangan UI/UX pada aplikasi Go-Print Dengan menggunakan metode design thinking

  • vannes wijaya vannes wijaya
  • Muhammad Fadli Muhammad Fadli
  • Yohanes Andika Dharma Yohanes Andika Dharma
  • Muhammad Rizky Pribadi
Keywords: Keywords: Design Thinking; Go-Print application; brainstorming; prototype; user-centric Kata Kunci: Design Thinking; aplikasi Go-Print; brainstorming; prototype; user-centric

Abstract

Abstract: Go-print is an application that has developed certain printing services that can be done online using delivery services. Time inefficiency is the main complaint of most people who want to do printing, besides that there are many other complaints such as quality is not guaranteed, prices exceed expectations. In this stage, it determines several ideas for problems in Go-Print application development, in this study using the Design Thinking Method, which is a method for designing software that relies on finding solutions to solve various problems. The method of solving the problem is not yet clear. Therefore, it is done by understanding the needs of users who will be involved in using the application by collecting many ideas in a brainstorming session, as well as taking a direct approach, through prototyping the Go-Print application, and direct testing. After going through various stages using the Design Thinking method, especially in determining several ideas starting from the problem, solution and benefits. So, it can be concluded that the Go-Print application has so far been the solution to meet the needs of users in the printing sector.

 

Abstrak: Go-print merupakan aplikasi yang telah mengembangkan percetakan tertentu yang dapat dilakukan secara online dengan menggunakan layanan jasa antar. Ketidakefisienan waktu menjadi keluhan utama sebagian besar masyarakat yang ingin melakukan percetakan, selain itu masih banyak lagi keluhan lainnya seperti kualitas tidak terjamin, harga melebihi ekspektasi. Dalam tahapan ini menentukan beberapa ide untuk permasalahan pada pengembangan aplikasi Go-Print, pada penelitian ini  menggunakan Metode Design Thinking, yang merupakan sebuah metode untuk mendesain sebuah software yang bertumpu pada pencarian solusi demi menyelesaikan berbagai permasalahan. Metode menyelesaikan masalah belum jelas. Oleh karena itu, dilakukan dengan cara memahami kebutuhan pengguna yang akan terlibat dalam penggunaan aplikasi dengan cara mengumpulkan banyak ide dalam sesi brainstorming, serta melakukan pendekatan langsung, melalui pembuatan prototype aplikasi Go-Print, dan pengujian secara langsung. Setelah melalui berbagai tahapan dengan menggunakan metode Design Thinking, khususnya dalam menentukan beberapa ideate dimulai dari masalah, solusi dan manfaatnya. Maka, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Go-Print sejauh ini telah menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam bidang percetakan.

References

[1]Erma, S., Erfanti, F., dan Endang, E., 2019, Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-VOTING Menggunakan Metode Design Thinking, Simposium Nasional RAPI XVIII - 2019 FT UMS.

[2]Abdul, N. D., Syafwandi, M. S., dan San, A. S. S., 2018, Perancangan User Interface Dan User Experience Halaman Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang, DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).

[3]Nasution, R, I., 2021, Penggunaan User Interface (UI) Google Classroom Pada Siswa Tingkat SMP di Denpasar Selatan, In SANDI: Seminar Nasional Desain, vol 1, hal 215-221.

[4]Garrett, J. J., 2010, The elements of user experience: user-centered design for the web and beyond, Pearson Education.

[5]Soegaard, M., 2018, The Basic of User Experience Design, Interaction Design Foundation.
[6]Fauzi, A.H., dan Sukoco, I., 2019, Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa, Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37-45.

[7]Bachdar, S., 2016, Kenali Design Thinking Sebelum Bikin Startup, https://www.marketeers.com/kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/, diakses tgl 17 Desember 2021.

[8]Plattner, H., 2010, An Introduction to Design Thinking Process Guide, Institute of Design at Stanford.
[9]Fikri, M. F., 2020. Konsep Pengembangan Kampung Wisata Peneleh: Pendekatan Fenomenologi Dan Design Thinking, Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
[10]Abdul, A, dan Teguh, D., 2015, Pengembangan Model E-Office dan Purwarupa Institusi Perguruan Tinggi di Indonesia, Program Magister Teknik Informatika, Tesis, Univ. Islam Indonesia, Yogyakarta.
Published
2022-01-28