Penerapan Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur

  • Steven Yesua Sutanto Universitas Multi Data Palembang
  • Felix Kurniawan Universitas Multi Data Palembang
  • Rheza Rijaya Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Firmansyah
Keywords: aplikasivego, designthingking, ui, ux, vego, User Interface, Aplikasi Supplier Sayur

Abstract

Abstract: Information Technology advancement enables everything to be done online. But basic needs, such as food cannot be replaced by technology advancement. With VeGo app, vegetable ordering on large amount by food company become more easy and more efficient, and also reduces shipping cost. This research aims for design thinking implementation on VeGo app user interface design. The result of this research is VeGo app prototype based on user experience analysis with design thinking to determine application effectivity and efficiency. This research consists of UI/UX designing based on design thinking method which consists of some steps which involves emphatize, define, ideate, prototype, and testing. After research to understand the problems, the solution is UI/UX design of VeGo app that able to solve the problems with design attractiveness score of 60.9% and usability score of 69.6%.

 

Abstrak: Saat ini kemajuan teknologi membuat semua hal dapat dilakukan secara daring. Namun kebutuhan pokok khususnya pangan tetap tidak dapat digantikan dengan semua kemajuan teknologi. Adanya Aplikasi VeGo dapat mempermudah pemesanan sayur oleh usaha makanan dalam jumlah banyak dengan efisien serta mengurangi biaya operasional untuk logistik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan design thinking pada perancangan user interface Aplikasi Supplier Sayur VeGo. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan prototype aplikasi VeGo dengan analisis user experience menggunakan design thinking untuk menentukan tingkat efektifitas dan efisiensi aplikasi dalam penggunaan-nya. Proses penelitian ini terdiri dari pembuatan rancangan UI/UX dengan metode design thinking yang memiliki beberapa tahap meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Setelah proses penelitian untuk memahami permasalahan, didapatlah solusi berupa design UI/UX dari aplikasi VeGo yang telah memenuhi kebutuhan dengan nilai ketertarikan tampilan 60.9% dan nilai kemudahan aplikasi 69.6%.

 

References

[1] Badan Pusat Statistik Indonesia, Statistik Indonesia 2019, Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia, 2019.
[2] R. Burhansyah and Y. Pribadi, “Analisis Indikator Kesejahteraan Petani Sayuran Kota Pontianak,” 2016.
[3] Y. Kusumawardhani, M. Syamsun and A. Sukmawati, “Model Optimasi dan Manajemen Risiko pada Saluran Distribusi Rantai Pasok Sayuran Dataran Tinggi Wilayah Sumatera,” 2015.
[4] D. A. Harahap and D. Amanah, “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus,” 2018.
[5] N. Artina, “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Fitur Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan E-Money Di Kota Palembang,” 2021.
[6] J. Sakoikoi and S. H. Priyanto, “Determinan Kepuasan Belanja Konsumen Sayur Online,” 2019.
[7] R. Anwar and W. Adidarma, “Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online,” 2016.
[8] R. K. Ekawati, S. Gunawan and D. H. Sindi, “Analisis Studi Kelayakan Finansial Dan Perancangan Aplikasi Pada Rencana Usaha Sayur Online “Aerys Fresh”,” 2021.
[9] T. Y. Siang, “UNL Canvas,” [Online]. Available: https://canvas.unl.edu/courses/73802/pages/5-stages-of-design-thinking?module_item_id=1968000. [Accessed 1 December 2021].
[10] E. D. Canedo, A. C. D. S. Pergentino, A. T. S. Calazans, F. V. Almeida, P. H. T. Costa and F. Lima, “Design Thinking Use in Agile Software Projects: Software Developers’”.
Published
2022-01-28