PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI HELLO LIFE DENGAN METODE DESIGN THINKING

  • Florence Renaldo Universitas Multi Data Palembang
  • Imelia Dwinora Cahyati
  • Muhammad Dody
  • Muhammad Rizky Pribadi
  • Riska Fajriati
  • Rizky Kurniawan
Keywords: Pyschology, Application, Hello Life, Design Thinking, psikologi, aplikasi

Abstract

Abstract: The high rate of depression causes many suicide cases in Indonesia, especially among students. This helped the emergence of several features of online psychology consultation. They will serve people - people who need psychology to treat depression. But sometimes curing depressed people is not easy because it takes time to unite the mind. This paper describes the prototyping process of an online platform in the form of an application called Hello Lfie to make it easier for people to find and conduct online consultations with experienced psychologists. This platform is built using a Design Thinking approach based on user needs and experience. The Design Thinking stage includes empathize, define, ideate, prototype, and test. Not only that, this platform also has a forum feature to communicate between users so that they can share experiences and solutions they face.

 

Abstrak: Tingginya angka depresi menimbulkan banyak kasus bunuh diri di Indonesia terutama di kalangan Mahasiswa. Hal ini membantu munculnya beberapa fitur konsultasi psikologi online. Mereka akan melayani orang - orang yang membutuhkan psikologi untuk mengobati rasa depresinya. Namun terkadang menyembuhkan orang depresi itu tidak mudah karena membutuhkan waktu untuk menyatukan pikiran. Makalah ini menjabarkan proses prototyping sebuah platform online berbentuk aplikasi bernama Hello Lfie untuk mempermudah orang mencari dan melakukan konsultasi online dengan beberapa psikolog berpengalaman. Platform ini dibuat menggunakan pendekatan Design Thinking berdasarkan kebutuhan dan pengalaman pengguna. Tahap Design Thinking meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tidak hanya itu, platform ini juga memiliki fitur forum untuk berkomunikasi antar pengguna sehingga bisa berbagi pegalaman dan solusi yang dihadapi.

 

 

 

References

[1] Rachmawati, A. A., 2020, Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja, https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/ , diakses tgl 29 November 2021.
[2] Sudarminto, P., 2019, Lima Tahapan Dalam Proses Design Thinking, https://medium.com/idea-room/lima-tahapan-dalam-proses-design-thinking-c2a98ab898c1 , diakses tgl 30 November 2021.
[3] Swarnadwitya, A., 2020, Design Thinking: Pengertian, Tahapan dan Contoh Penerapannya, https://sis.binus.ac.id/2020/03/17/design-thinking-pengertian-tahapan-dan-contoh-penerapannya/ , diakses tgl 30 November 2021.
[4] NKD, F., 2021, Pengertian Design Thinking dan 5 Tahapan di Dalamnya, https://www.logique.co.id/blog/2021/01/07/pengertian-design-thinking/ , diakses tgl 30 November 2021.
[5] Ababil, A. A., 2021, Mengenal Tahapan dalam Design Thinking, https://www.gamelab.id/news/737-design-thinking#:~:text=Tahapan%20dalam%20Design%20Thinking%20Dalam%20proses%20nya%20design,dalam%20penyelesaian%20masalah%20dan%20menciptakan%20solusi%20dari%20permasalahan. , diakses tgl 30 November 2021.
Published
2022-01-28