Desain Antarmuka Pada Aplikasi StudyVerse Dengan Menggunakan Metode Design Thinking

  • Nabilah Dayanah Universitas Multi Data Palembang
  • Fathimah Azzahra Universitas Multi Data Palembang
  • Muhammad Rizky Pribadi Universitas Multi Data Palembang
  • Sonia Sonia Universitas Multi Data Palembang
Keywords: StudyVerse Application, Design Interface, Design Thinking, Aplikasi StudyVerse, Desain Antarmuka

Abstract

Abstract: The learning process is generally carried out in a face-to-face manner, in a face-to-face process the lecturer can freely monitor whether students understand the material delivered. At this time of pandemic the lectures were conducted online which made it difficult for lecturers to monitor directly whether or not the material was understood by students, plus students were embarrassed to ask. Many students have difficulty in solving various problems from lectures. From these problems, the StudyVerse application was created to help students to discuss with each other, exchange thoughts and exchange materials online. Certainly in creating an application it is essential to pay attention to the interface design so that users are comfortable, happy and have no difficulty in using the application, then interface design is designed by using the Design Thinking approach method using Figma software. 96,7% from 30 users stated that the interface design of the StudyVerse application was easy to use.

 

Abstrak: Proses pembelajaran secara umum dilakukan secara tatap muka langsung, dalam proses tatap muka langsung dosen bisa dengan leluasa memantau apakah mahasiswa memahami materi yang disampaikan. Saat pandemi ini proses perkuliahan dilakukan secara daring yang menyebabkan dosen sulit untuk memantau secara langsung apakah materi itu dipahami atau tidak oleh mahasiswa, ditambah dengan mahasiswa malu untuk bertanya. Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memecahkan berbagai permasalahan soal dari perkuliahan. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi StudyVerse untuk membantu mahasiswa agar dapat saling berdiskusi, bertukar pikiran dan bertukar materi secara daring. Tentunya dalam membuat aplikasi sangat penting untuk memperhatikan desain antarmukanya agar pengguna nyaman, senang serta tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi, maka desain antarmuka dirancang dengan menggunakan metode pendekatan Design Thinking menggunakan software figma. 96,7% dari 30 pengguna menyatakan bahwa desain antarmuka dari aplikasi StudyVerse mudah digunakan.

References

[1] Setiadi A.R. & Setiaji H., 2020, Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor, No.2, Vol.1, https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15445.

[2] Susilo, E. et al., 2018, Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application, N0.2, Vol.7, http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/416

[3] Doorley, S. et al., 2018. d.school Design Thinking Bootleg Deck. s.l.:Institute of Design at Stanford University.

[4] Soegaard, M., 2002. Interaction Design Foundation: The Basic Of User Experience Design. s.l.:Interaction Design Foundation.

[5] Feradhita NKD, 2021, Pengertian Design Thinking dan 5 Tahapan di Dalamnya, https://www.logique.co.id/blog/2021/01/07/pengertian-design-thinking/, diakses tanggal 12 Januari 2021
Published
2022-01-28