Pengembangan UI / UX Pada Aplikasi Usahaqqu Dengan Menggunakan Metode Design Thinking

  • Ahmad Zaky Nadimsyah Student
  • Ja`Far Ja`Far Student
  • Muhammad Rizky Pribadi Teacher
Keywords: Design Thinking, Dropship, Usahaqqu, Mobile Application, User Interface, User Experience

Abstract

Abstract: Researcher`s personal experience in struggle of making money without having the basic knowledge nor the fund in how to start a business is the reason Researcher start to have intrest in learning about Dropshipping Method. Usahaqqu provides an easy connection between the supplier and dropshipper, usahaqqu also provides training and education about dropshipping using a mentorship system. To provide the best experience, the development team build an early design of the mobile application using the Design Thinking approach. Design Thinking is a method that approach that centered around humans (in this case is the user) to help with certain problems and provides a solution and an innovation through future updates on the application. The updates come from feedbacks and analysis of the problem through research and prototyping test. The usage of Design Thinking is to provide the needs and solve the problems for users of Usahaqqu. After identifying the problems, development team can design the Mobile Application that consist of User Interface (UI) that provide the User Experience (UX) which will always up to date so that it can be the immediate solution and future solution for future problems.

 

Abstrak:   Pengalaman peneliti yang mengalami kesulitan untuk menghasilkan uang disaat perkuliahan tanpa adanya dasar pengetahuan dan modal untuk memulai usaha bisnis yang memulainya untuk belajar mengenai metode Dropshipping. Usahaqqu memberikan kemudahan hubungan antara supplier dan dropshipper serta memberikan pelatihan dan edukasi mengenai dropshipping dengan sistem mentoring Untuk memberikan pengalaman yang terbaik dalam semua kegiatan yang telah dijelaskan, team development usahaqqu melakukan pengembangan desain awal terhadap platform aplikasi usahaqqu yang berbasis mobile application. Metode yang digunakan dalam proses desain awal yaitu, dengan pendekatan Design Thinking. Metode design thinking merupakan pendekatan yang berpusat pada manusia (dalam hal ini pengguna aplikasi) untuk menyelesaikan masalah dan terus menghasilkan inovasi baru (pembaharuan aplikasi) Pembaharuan aplikasi didapat dari feedback dan analisis terhadap permasalahan dilakukan proses penelitian dan pengujian. Penggunaan metode Design Thinking diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan dapat menyelesaikan permasalahan pengguna aplikasi usahaqqu. Setelah berhasil menemukan dan memahami permasalahan didapatkan hasil desain aplikasi mencakup User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang akan terus berkembang sehingga menjadi solusi permasalahan yang ada dan permasalahan nantinya.

Author Biographies

Ahmad Zaky Nadimsyah, Student

Student of MDP University

Ja`Far Ja`Far, Student

Student of MDP University

Muhammad Rizky Pribadi, Teacher
Head of Research Department at MDP University

References

[1] Huang, R., 2017, Dropship Mastery, PT.Alona Indonesia Raya, Jakarta.
[2] Shantika, A, 2016, Kenali Design Thinking sebelum bikin Startup, https://www.marketeers.com/kenali-design-thinking-sebelum-bikin-startup/, diakses tgl 02 Desember 2021.
[3] D. Rosmala, M. D. Djatmiko dan B. Juianto., 2012, Implementasi Aplikasi Website E-Commerce Batik Sunda dengan menggunakan Protokol Secure Socket Layer (SSL), vol 3, hal 3.
[4] Susanto, E, 2021, Apa itu Mobile Application Development ?, https://aqi.co.id/news/apa-itu-mobile-application-development/, diakses tanggal 03 Desember 2021.
[5] A.S. Rosa dan M. Salahuddin ., 2011, Modul Pembelajaran : Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Bandung.
[6] D. Rosmala, M. D. Djatmiko dan B. Juianto., 2012, Implementasi Aplikasi Website E-Commerce Batik Sunda dengan menggunakan Protokol Secure Socket Layer (SSL), vol 3, hal 60.
[7] M. Maki, 2016,Apa itu mockup dan apa pengertiannya ?, https://www.jagodesain.com/2016/09/apa-itu-mockup.html, diakses tgl 04 Desember 2021.
[8] Dillasamola, D., 2021, Buku ajar teknik evaluasi bioaktivitas, LPPM Universitas Andalas, Padang.
[9] A. Amborowati, 2012, Rancangan sistem pameran online menggunakan Metode UCD (User Centered Design), hal 23.
[10] A. Azis dan T. Dirgahayu, 2015, Aplikasi SMS Gateaway sebagai sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Institusi Perguruan Tinggi di Indonesia, vol III, hal 130.
Published
2022-01-28