Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk SAFI Skincare (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta)

  • Windy Agnes Wilyan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: harga, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Abstrack: This study aims to determine the effect of price and Brand Image Against Interest in Buying Safi Products Skincare At Untirta Faculty of Economics and Business Students. The method used in this research is descriptive quantitative method. The population in this study were students of the Faculty of Economics and Business Untirta. Sampling obtained as many as 50 samples with data collection techniques using a questionnaire with a measuring scale likert and use technique purposive sampling. The analysis technique in this research uses instrument test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, partial test (T test) and simultaneous (F test), and coefficient of determination test. It is partially concluded that the price (X1) has a significant positive effect on Safi's Product Purchase Interest skincare (Y) to students of the Faculty of Economics and Business Untirta and Brand Image (X2) has a significant negative effect on Safi's Product Purchase Interest skincare (Y) to students of the Faculty of Economics and Business Untirta. then simultaneously it can be concluded that the price (X1) and Brand Image (X2) has a significant positive effect on Safi's Product Purchase Interest skincare (Y) to students of the Faculty of Economics and Business Untirta.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Untirta. Metode yang digunakan dalam penelitan ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta. Sampling yang diperoleh sebanyak 50 sampel dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala likert dan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Analisis dalam penelitian ini mengunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial (Uji T) dan simultan (Uji F), dan uji koefisien determinasi. Secara Parsial diperoleh kesimpulan bahwa Harga (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta dan Brand Image (X2) berpengaruh negatif signifikan terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta. Secara Simultan diperoleh kesimpulan bahwa Harga (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Beli Produk Safi Skincare (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta.

References

[1] Anggraeni, Nita Dwi. 2015. “Pengaruh Good Corporate Governance dan Earning Power Terhadap Manajemen Laba”. Skripsi. Universitas Pasundan.

[2] Balqis, Putri. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi. Universitas Islam Negri AR-RANIRY Banda Aceh

[3] Fakhiroh, Aminatul. 2016. “Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Kualitas Pelayanan Syariah Terhadap Loyalitas Konsumen”. Skripsi, STAIN Kudus.

[4] Fauzan, Ahmad dan Rohman, Abdul. 2019. “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki”. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen. Vol 9, No. 2.

[5] Febdilan, Inneke Hasti. 2019. “Hubungan antara Usia, Jenis Kelamin dan Tingkat Pendidikan dengan Prilaku Konsumsi Media Baru. Skripsi. Unversitas Muhammadiyah Malang.

[6] Gunawan, Nicholas Francois. 2020. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery”. Jurnal Mitra Manajemen Online Vol. 4, No. 12.

[7] Hakim, Arif Rachman. 2017. “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bimbel Tridaya Bandung”. e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2.

[8] Hakim, Rizal Luqman. 2017. “Pengaruh Profitbilitas dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal”. Skripsi. Universitas Pasundan.

[9] Mulawarman. 2020. “Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT INDACO Warna Dunia di Kota Batam”. Khazanah Ilmu Berazam. Open Journal System Vol. 3, No. 2.

[10] Nisa, Alfiani Choirun. 2018. “Pengaruh Persepsi Harga, Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Sumber Agung Jekula Kudus”. Skripsi, IAIN Kudus.

[11] Petronika, Nopera. dkk. 2020. Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah di Kota Pagar Alam”. Jurnal Ekonomia, Vol. 10, No. 1.

[12] Rachmawaty, Meilyna dan Hasbi, Imanuddin. 2020. “Pengaruh Green Markering dan Brand Image Terhadap Minat Beli AMDK ADES”. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol. 4 No. 1.

[13] Rizal, Muhammad. 2018. “Pengaruh Jenjang Karir dan Budaya Oranisasi Terhadap Kinerja Karyawan”. Skripsi. Universitas Mercu Buana.

[14] Rj, Freida Triastuti dan Ferdinand, Tae Augusty. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen). Diponegoro Journal of Manajemen. Vol. 1, No. 1, Hal 1-13.

[15] Rusdi, Aprilia Hidayatullah Putri. 2016. “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli All New Yaris”. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 3 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

[16] Said, Syihabudin dan Tim MKU PAI Ekonomi. 2017. “Buku Perilaku Ekonomi dalam Perspektif Syariah”. Untirta Press dan LP3M Untirta.

[17] Sari, Indah Wulan. 2017. “Pengaruh Gaya Hidup, Kelas Sosial, dan Kepribadian Terhadap Keputusan Membeli Peruahan Pondok Permata Suci di PT. Rumi Lingga Pertiwi. Skripsi. Universities Muhammadiyah Gersik.

[18] Sari, Puput Sekar dan Salmah, Ninin Non Ayu. 2020. “Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang”. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4 (2).

[19] Setiadinanti, Fiananda dan Nurhayati, Iis Kurnia. 2019. “Pengaruh Pemberian Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek PUYO SILKY DESSERT di Kota Bandung”. JIM UPB Vol. 7, No. 1.

[20] Sirma, Rinida Piscis Elvita. 2020. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Physical Evidence Terhadap Minat Beli Pada Produk Pebiayaan Modal Usaha di Bank Syariah”. Skripsi. Institut Agama Islam Bengkulu.

[21] Ulya, Nurul. 2017. “Analisis Penentuan Harga Gabah Oleh Tengkulak Menurut Pandangan Ekonoi Islam”. Skripsi. STAIN Kudus.

[22] Wirayanthy, Noverita dan Singgih Santoso. 2019. “Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label”. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. Vol.2, No.1.

[23] https://safiindonesia.com

[24] https://digimind.id

[25] https://shopee.co.id

[26] https://lazada.co.id

[27] https://bukalapak.com
Published
2022-01-28