Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas

Methode Design Thingking Pada Aplikasi JIP

  • Genisshanda Nabila Matari Universitas MDP
  • Rizky Rizky Pribadi
Keywords: Strategi; Design Thinking; Metode; Hasil;

Abstract

Abstract: JIP or Jaya Indah Perkasa is an application for booking travel tickets and shipping goods online.  To provide the best experience in traveling and shipping goods, Jaya Indah Perkasa designed a new application product.  In this study using a Design Thinking approach.  The Design Thinking method is an innovation-based software product design method that relies on finding solutions to solve certain problems. After successfully finding and understanding the problems obtained through the Identify the problem, Describe Solution, Empathize to User, Appeal to Business, Lock in Agreement (IDEAL) processes and Prototype and Test.  So that the JIP application is able to solve problems that occur in society today.

 

 

Abstrak: JIP atau Jaya Indah Perkasa merupakan salah satu aplikasi pemesanan tiket travel dan pengiriman barang secara online. Untuk memberikan pengalaman yang terbaik dalam berpergian dan pengiriman barang, Jaya Indah Perkasa melakukan desain produk aplikasi baru. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking. Metode Design Thinking merupakan sebuah metode desain produk perangkat lunak berbasis inovasi yang bertumpu pada pencarian solusi untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. Setelah berhasil menemukan dan memahami permasalahan yang  didapatkan melalui  proses Identify the problem, Describe Solution, Empathize to User, Appeal to Business, Lock in Agreement (IDEAL)  dan Prototype serta Test. Sehingga Aplikasi JIP mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini.

References

[1] Chin, D. B., Blair, K. P., Wolf, R. C., Conlin, L. D., Cutumisu, M., Pfaffman, J., and Schwartz, D. L., (2019), "Educating and measuring choice: A test of the transfer of design thinking in problem solving and learning". Journal of the Learning Sciences, pp. 1-44.
[2] Amilia, W., Fatimatuzzahro, N., dan Choiron, M., (2016), "Pendekatan Design Thinking Concept Pada Usaha Pengolahan Jahe Siap Minum Di Komunitas Wirausaha Desa Bangsalsari", Prosiding Seminar Nasional APTA, Universitas Jember.
[3] Elsbach, K. D., and Stigliani, I., (2018), "Design thinking and organizational culture: A review and framework for future research", Journal of Management, Vol. 44 (6), pp. 2274-2306.
[4] Razi, A. A., (2018), Mutiaz, I. R., dan Setiawan, P., (2018), "Penerapan Metode Design Thingking pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer", Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, Vol. 03 (02) hal. 75-93.
[5] Elda Shirvanadi & Moh Idris (2021). Perancangan Ulang UI/ UX Website E-Learning Mengguanakan Metode Design Thingking Program Studi Informatika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Indonesia. vol.2, no.2, 2021, doi : https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19438.
[6] ABDUL NASER, D., Syafwandi, M.S., & San Ahdi, S.S.(2018). Perancangan User Interface Dan User Experience Halaman Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual.
[7] GS. S. Rosyda and I. Sukoco, “Model Design Thinking pada Perancangan Aplikasi Matengin Aja,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 1 – 12, 2020, doi: 10.35138/organum.v3i1.69.
[8] A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
[9] R. Sugangga, “Pengembangan Produk Menggunakan Design Thinking Pada Masa Pandemi Covid -19,” vol. 18, no. 2, 2020.
[10] E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “Pengembangan Ui / Ux pada aplikasi M - Voting, ”Simp. Nas. RAPI, pp. 364 – 370, 2019.
[11] A. Zaki and I. Sukoco, “USE OF DESIGN THINKING AT DIGITAL TECHNOLOGY CONSULTANT COMPANY INDIE LABTEK BANDUNG,”J. Pemikir. dan Penelit. Adm. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, pp. 123 – 129, 2018, doi: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.18469.
[12] R. I. Syabana, P. Y. Saputra, and A. N. R, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Kotakku,”e-conversion-Propos. a Clust. Excell., pp. 40–60, 2020.
[13] Dwika Yosinta Ulpa, Rizani Teguh, and Dicky Pratama, “Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Lazada Berbasis Mobile Dengan Metode Servqual,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi , Vol. 2, No. 1, pp. 38-48, 2021.
[14] Dien Novita, and Fareza Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi , Vol. 2, No. 1, pp. 22-37, 2021.
Published
2022-01-28