PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN  SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150

  • Rifki Hanif Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: celebrity endorser; kualitas produk; keputusan pembelian

Abstract

Abstract: Students as a segment also have factors that determine their behavior, some of which are reference groups and lifestyle. With regard to the reference group, of course, students try to be considered as members of the reference group, and at the same time the product purchase decision is a manifestation of their lifestyle. The purpose of this study was to determine the effect of Celebrity Endorser and product quality on purchasing decisions for Honda Vario 150 for students of the Asian Institute of Technology and Business, Malang. This type of research is explanatory research using non-probabability sampling method. Sampling using Accidental Sampling with a sample size of 38 respondents took all of the population that is known from the observations because the number is limited. The data collection technique is a questionnaire. The analytical tool used in this research is Multiple Linear Regression with hypothesis testing. The results of this study indicate that the celebrity endorser variable and product quality have a significant effect on purchasing decisions for Honda Vario 150. In other words, celebrity endorser and product quality are one of the factors that encourage consumers to buy and use Honda Vario 150 motorcycles.

Abstrak:

Mahasiswa sebagai salah satu segmen juga mempunyai factor-faktor yg penentu mereka berperilaku, salah beberapa diantaranya adalah kelompok acuan dan gaya hidup. Terhadap kelompok acuan, tentu mahasiswa berusaha dianggap menjadi anggota kelompok acuannya, dan di saat yg sama keputusan pembelian produk merupakan perwujudan dari gaya hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Honda Vario 150 pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan metode non probabability sampling. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel 38 responden mengambil semua dari populasi yang diketahui dari hasil observasi karena jumlahnya yang terbatas. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity eendorser dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Vario 150. Dengan kata lain celebrity endorser dan kualitas produk merupakan salah satu faktor yang mendorong para konsumen untuk membeli dan menggunakan motor Honda Vario 150.

References

[1] A. C. Sutandi, “PENTINGNYA TRANSPORTASI UMUM UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK 1,” vol. 12, no. 1, 2015, [Online]. Available: https://www.google.com/search?q=sustainable+city+planning&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=2l_0UoiNJ4Pok
[2] J. Ekonomi MODERNISASI and D. Fakultas Ekonomi Unversitas Kanjuruhan Malang, “ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA SE-MALANG RAYA A s n a.” [Online]. Available: http://ejournal.ukanjuruhan.ac.id
[3] E. Sriwardiningsih, L. Angelia, and L. Aulia, “PENGARUH PERILAKU PEMBELIAN MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPUTER NOTEBOOK DI LINGKUNGAN MAHASISWA BINUS INTERNATIONAL,” 2006.
[4] “PERILAKUKONSUMEN”.
[5] T. Harnoto Universitas Kristen Satya Wacana Yunita Budi Rahayu Silintowe Universitas Kristen Satya Wacana, “KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA: KELOMPOK ACUAN ATAU GAYA HIDUP?,” MODUS, vol. 30, no. 2, pp. 181–197.
[6] M. A. Kusuma and W. Santika, “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 125 DI KOTA DENPASAR,” vol. 6, no. 4, pp. 1933–1961, 2017.
[7] P. Wahyu Widyaningrum, “PENGARUH LABEL HALAL DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN WARDAH DI PONOROGO).”
[8] A. S. Syafei and S. Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa, “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA CBR 150R (Studi Pada Masyarakat di Wilayah Kabupaten kebumen).”
[9] “PENGARUH-CELEBRITY-ENDORSER-PERSEPSI-HARGA-KUALITAS-PRODUK-DAN-PROMOSI-TERHADAP-KEPUTUSAN-PEMBELIAN-SEPEDA-MOTOR-HONDA-SCOOPY-MELALUI-PEMBIAYAAN-MEGA-SENTRAL-FINANCE-CABANG-TAPAN-PESISIR-SELATAN”.
[10] H. Saputra and N. ArtinaSKom, “Pengaruh Persepsi Konsumen, Iklan, Brand Equity Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kota Palembang.”
[11] T. Keputusan, P. Pempek, C. Kapten, A. Rivai, P. Jefri, and H. Widagdo, “Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth.”
[12] V. P. Gandi and R. B. Lestari, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mammee Bakery Outlet M.Isa.”
Published
2022-01-28