Pengaruh Faktor Harga, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Online Melalui Aplikasi Mobile Shopee

  • Lestari Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah
  • Ade Nia Suryani
Keywords: Keywords: Price, Trust, Security, Consumer Decisions, Shopee mobile application

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of knowing the effect of price, trust and security factors on consumer decisions to make online purchases through the Shopee mobile application. This research is causality research. The population and sample of the research are the people of Penuguan Village, Penuguan Strait District, Banyuasin Regency who usually shop online using the Shopee mobile application. A sample of 150 people was determined using the Malhotra formula and accidental sampling technique. Data collection by questionnaire and analyzed by multiple linear regression analysis. The results in this study that price, trust and security factors influence consumer decisions with the calculated F value (48.236) > F table (2.43) and the magnitude of the influence of price, trust and security factors on consumer decisions is 49.8% seen from the coefficient of determination (R Square) of 0.498.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor harga, kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian online melalui aplikasi mobile Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Populasi dan sampel dari penelitian adalah masyarakat Desa Penuguan Kecamatan Selat Penuguan Kabupaten Banyuasin yang biasa berbelanja online menggunakan aplikasi mobile Shopee. Sampel sebanyak 150 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Malhotra dan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini faktor harga, kepercayaan dan keamanan mempengaruhi keputusan konsumen dengan nilaiĀ  F hitung(48,236) > F tabel(2,43) dan besarnya pengaruh faktor harga, kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan konsumen adalah 49,8% terlihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,498.

References

[1] Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 13.Jakarta:Erlangga.
[2] Mauludiyahwati, Septi. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, danPersepsi Risiki Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/ Diakses tanggal 21 Februari 2021.
[3] Mowen, John C dan Michael Minor. 2013. Perilaku Konsumen. Dialihbahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.
[4] Mubarok, Ilham. 2021. Apa Itu Marketplace?. https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/?amp Diakses tanggal 5 Februari 2021.
[5] Park, Chung-Hoon dan Young-Gul Kim. 2003.Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Behavior in an Online Shopping Context. https://www.researchgate.net/publication/247629631_Identifying_key_factors_affecting_consumer_purchase_behavior_in_an_online_shopping_context. Diakses tanggal 5 Februari 2021.
[6] Putra, Muhammad. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi danPersepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Universitas IslamIndonesia.https://dspace.uii.ac.id/ Diakses tanggal 13 Februari 2021.
[7] Saputri, Ainun. 2015. Pengaruh Keamanan, Kemudahan, dan Risiko Kinerja Tehadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/ Diakses tanggal 6 Februari 2020.
[8] Setiadi, Nugroho J. 2011. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media.
[9] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
[10] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[11] Wibowo. Akut. 2016. Kemajuan Teknologi dan Perkembangan Online Shoppingdi Indonesia. https://www.enjoybatam.com/ Diakses tanggal 14 April 2021
Published
2022-01-28